Bagaimana bentuk perkembangan bayi pada usia kehamilan 36 minggu?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hari ini saya sudah memasuki usia kehamilan 36 minggu. Rasa khawatir sering menghampiri saya dok. Kira-kira seperti apa gambaran bentuk bayi saya saat ini ya, dok? Karena punggung semakin terasa nyeri, dan perut sering terasa gatal.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Usia kehamilan masuk 36 minggu artinya Anda sudah mengalami 9 bulan penuh masa kehamilan. Pada akhir minggu, kehamilan Anda bisa digolongkan kehamilan yang matang. Perkembangan janin pada usia 36 minggu memiliki panjang 47cm dan berat janin sekitar 2,7kg.

Pada usia 36 minggu Anda akan mengalami sakit punggung yang bisa sangat sakit, masalah pencernaan seperti kembung dan konstipasi, keluarnya cairan dari vagina yang kental dan mungkin bercampur darah, nyeri panggul karena perut yang semakin membesar, perut akan terasa semakin gatal, munculnya kontraksi sebagai persiapan tubuh untuk proses persalinan.

Saat 36 minggu Anda sudah harus melakukan pemeriksaan untuk memantau perkembangan janin seperti mengukur berat badan jangan sampai saat lahir berat badannya kurang, memeriksa tekanan darah Anda, tes urin untuk memeriksa kadar gula dan protein, memeriksa varises pada kaki dan pembengkakan ditangan serta kaki, tes detak jantung janin, memprediksi ukuran janin, posisi janin agar persalinan bisa berjalan dengan lancar. Jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan jika ada keluhan atau mencari informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemeriksaan USG perlu dilakukan untuk memantau perkembangan bayi dalam kandungan

Mendeteksi Kehamilan Hingga Prediksi HPL, Ini 7 Manfaat USG

Setiap kali berkunjung ke dokter kandungan, ibu hamil akan menjalani USG. Tak hanya memastikan kehamilan, manfaat USG juga memberi banyak informasi penting kepada calon orangtua.