Bagaimana bentuk gejala umum amandel?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Pagi, dokter. Akhir-akhir ini saya sering merasakan tidak nyaman pada bagian dalam mulut seperti ada kelenjar yang bengkak. Apakah itu termasuk penyakit amandel? Terima kasih dok atas waktunya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Munculnya benjolan di mulut atau di tenggorokan bisa menimbulkan rasa mengganjal di dalam leher. Benjolan ini bisa di sebabkan oleh iritasi atau infeksi.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan benjolan di tenggorokan :

  1. Pembesaran Amandel
    Biasanya disebabkan oleh infeksi, terutama yang berulang atau yang lama tidak di obati (tonsilitis kronis). Gejalanya sakit tenggorokan, sulit dan sakit saat menelan, bau mulut, demam, amandel tampak merah dan bengkak.
  2. Tumor jinak di tenggorokan
    Gejala yang biasa dirasakan batuk yang tidak kunjung sembuh, rasa sakit di telinga, kesulitan menelan, perubahan suara hingga perdarahan.

Untuk mengatasi radang amandel yang bisa Anda lakukan dirumah adalah perbanyak istirahat, konsumsi makanan yang lembut dan minuman hangat, berkumur dengan air garam, dan hindari lingkungan banyak asap dan debu. Jika radang amandel Anda semakin kambuh dan menyebabkan sesak napas serta gangguan tidur sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan panas dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dingin

Bukan Minum Larutan Penyegar, Ini Cara Menghilangkan Panas Dalam

Cara menghilangkan panas dalam tidak selalu dengan meminum produk komersial, namun bisa juga dengan mengonsumsi buah atau makanan yang bersifat menyegarkan.