Bagaimana bahaya infeksi corona pada ibu menyusui?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dokter, saya saat ini sedang menyusui bayi berusia 2 bulan. Apa yang perlu saya perhatikan dari kasus corona ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Virus corona adalah virus yang satu kelompok dengan dengan virus penyebab SARS dan MERS. Virus ini menyerang saluran pernapasan. Awalnya virus ini menular dari hewan ke manusia. Lalu, saat ini sudah bisa menular dari manusia ke manusia lewat kontak langsung dan tidak langsung. Biasanya dari droplet batuk, bersin, dan ludah. Jika seseorang terkena virus corona maka gejala yang ditimbulkan adalah demam, sesak napas, batuk kering atau berdahak, nyeri tenggorokan, lemas, nyeri otot, dan sakit kepala. Gejala ini akan timbul selama 2-14 hari sehabis terinfeksi. 

Virus corona tidak memandang usia. Siapa saja bisa terinfeksi virus ini. Ibu menyusui pun bisa terkena penyakit ini, apalagi jika ibu menyusui ada kontak dengan pasien yang menderita COVID-19 atau di lingkungannya ada yang terkena COVID-19 dan busui habis bepergian dari luar negeri terutama negara-negara yang banyak terjangkit virus corona seperti China, Korea Selatan, Italia, dll. 

Bila Anda sebagai ibu menyusui mengalami gejala-gejala seperti diatas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter apakah gejala yang Anda alami diakibatkan oleh virus corona atau tidak. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menjelaskan bahwa virus corona bisa menluar lewat ASI. Oleh sebab itu, ibu menyusui yang terinfeksi virus corona masih boleh menyusui anaknya. Walaupun begitu, tetap saja ada resiko bahwa bayinya akan tertular dari ibunya akibat adanya kontak langsung. 

Untuk itu, sebaiknya ibu melakukan pencegahan dengan cara:

  • Menggunakan masker saat memberikan ASI.
  • Mencuci tangan dan membersihkan puting sebelum menyusui bayi.
  • Memerah ASI, lalu berikan ASI perah kepada bayi.
  • Memberikan susu formula sebagai pengganti sementara ASI. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macam-macam virus, seperti corona, dapat menjangkiti manusia

Tak hanya Corona, Ini Macam-Macam Virus yang Berbahaya bagi Manusia

Selain virus corona, macam-macam virus yang harus Anda waspadai, yakni HIV, dengue, rotavirus, hepatitis, maupun virus lain yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.