Bagaimana aturan penggunaan obat tetes mata yang disarankan?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Halo, dokter. Saya mau nanya mengenai penggunaan obat salep mata Cendo Fenicol, dosis yang tepat untuk orang dewasa tuh sebaiknya berapa kali ya dok? lalu berapa tetes? Mohon infonya. Terima Kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Obat tetes mata digunakan untuk mengobati mata dari mata kering atau merah atau karena sindroma mata kering atau sebab lainnya. Namun penggunaan obat tetes mata ini, tidak bisa di gunakan dengan sembarangan dan tanpa aturan.

Obat Cendo Fenicol merupakan salah satu obat tetes mata yang berfungsi untuk mengobati infeksi bakteri, obat ini mengandung kloramfenicol. Penggunaan tetes mata obat ini sebaiknya dengan resep dan saran dokter. Penggunaannya bisa diteteskan pada mata yang sakit 1 tetes dan bisa di ulang setiap 2 jam. Selain itu beberapa hal lain yang perlu di perhatikan :

  • Cek botol tetes mata yang akan di gunakan, harus dalam kondisi steril dan cek masa kadaluarsa obat
  • Cuci tangan sebelum meneteskan obat
  • Kocok obat sebelum di gunakan
  • Dongakan wajah, kemudian buka kelopak mata bagian bawah
  • Kemudian teteskan obat mata jangan sampai permukaan botol menyentuh mata, untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam botol

Jika dengan pemberian obat tersebut keluhan mata Anda belum membaik selama 1 minggu, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter mata untuk dilakukan penanganan dan pengobatan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kedutan mata kanan bawah sering dikaitkan dengan klenik tertentu yang tidak terbukti kebenarannya

Mengungkap Klenik Kedutan Mata Kanan Bawah dari Sisi Medis

Arti kedutan mata kanan bawah sering dihubungkan dengan akan mendapat rezeki tak terduga. Padahal, ada penjelasan medis atas fenomena ini. Apa arti sebenarnya dari kedutan mata kanan bawah?