Bagaimana agar siklus tidur kembali teratur?

RR Info Penanya: RR, Pria, 19 Tahun
Selamat siang dok, saya mau tanya, saya sudah seminggu ini tidur mulai pukul 3 pagi, sebelumnya saya selalu siap tidur setiap jam 12 malam. Ini terjadi saat saya mulai tertarik membaca novel saat malam.. Sampai" saya tidak bisa tidur sampai pagi tiba. Apakah ada saran untuk saya agar saya dapat kembali tidur pada saat jam 12 seperti biasanya? Terimah kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RRA,

Gangguan tidur dapat berupa kesulitan memulai tidur atau sulit mempertahankan tidur atau sering terbangun namun dapat kembali tidur kembali, atau bahkan tidak dapat tidur sama sekali.

Ada banyak faktor yang menimbulkan gangguan tidur seperti :
  1. Stres berlebihan.
  2. Lingkungan tempat tidur tidak mendukung seperti terlalu terang atau berisik.
  3. Kebiasaan menonton TV atau bermain HP sebelum tidur.
  4. Mengonsumsi alkohol atau kopi sebelum tidur.
  5. GERD.

Pada kasus Anda dimana mulai muncul keluhan susah tidur ketika Anda mulai tertarik membaca novel hingga malam, hal ini terjadi akibat ketika proses membaca novel, maka akan membuat otak dalam kondisi terjaga karena harus berkonsentrasi mengikuti, membayangkan serta mengingat alur cerita novel, serta adanya rasa penasaran akan kelanjutan cerita di dalam novel juga menimbulkan rasa cemas yang mungkin tidak disadari. Bila tubuh dalam kondisi terjaga seperti itu, maka akan muncul keluhan sulit tidur.

Sebaiknya Anda membaca novel di siang hari atau batasi durasi membaca novel tersebut. Selain itu Anda bisa meminum susu hangat untuk membantu relaksasi tubuh.

Bila gangguan tidur ini berlangsung terus hingga muncul kesulitan berkonsentrasi, maka lakukan pemeriksaan ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit narkolepsi dan sleeping beauty syndrome dapat membuat penderitanya tertidur di mana saja

Kenali Perbedaan Narkolepsi dan Sleeping Beauty Syndrome

Selain penyakit insomnia, terdapat gangguan tidur lain, yaitu penyakit narkolepsi dan sleeping beauty syndrome. Keduanya memiliki kesamaan yaitu rasa kantuk yang berlebih dan sulit untuk ditahan. Meskipun demikian, terdapat perbedaan di antara keduanya.