Bagaimana agar luka tidak menimbulkan bekas?

SN Info Penanya: SN, Wanita
Permisi mau tanya dok kalau luka terbuka sampai kelihatan dagingnya putih itu sebaiknya di kasih apa ya dok biar tidak bekas hitam gitu.....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Proses penyembuhan luka yang timbul pada tubuh seseorang tergantung dari :
  1. Tingkat kedalaman luka, semakin dalam luka akan semakin susah sembuh, dan akan semakin meninggalkan bekas.
  2. Jenis luka, luka bakar akan susah sembuh dibanding dengan luka sayat.
  3. Bentuk luka, luka yang memiliki bentuk teratur seperti luka sayat akan lebih mudah sembuh dibanding dengan luka yang bentuknya tidak beraturan.
  4. Jenis kulit, pada beberapa orang memiliki bakat kulit keloid dimana ketika terjadi luka maka pada proses penyembuhannya akan menyebabkan pertumbuhan jaringan yang lebih menonjol dibanding kulit sekitarnya.
  5. Luka ada di lokasi tubuh mana.

Untuk mencegah timbulnya bekas luka, Anda harus memastikan luka Anda sudah bersih sehingga jangan sampai muncul infeksi. Lakukan rawat luka setiap hari menggunakan cairan infus NaCl 0,9%, keringkan dan tutup dengan kasa steril. Ketika luka sudah kering, hindari paparan sinar matahari dengan cara menutup menggunakan kasa. Bila selama proses penyembuhan luka muncul tanda-tanda kemerahan, bengkak, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan koreng dapat dilakukan untuk mempercepat pengelupasan koreng

Menghilangkan Bekas Koreng Tidak Sulit, Begini Caranya

Koreng adalah proses alami ketika luka Anda akan sembuh. Untuk mempercepat pengelupasan koreng, terdapat cara menghilangkan bekas koreng yang efektif.