Bagaimana agar hepatitis B tidak menular?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 27 Tahun
Dok.saya sekarang hamil anak yang kedua,setelah cek labor saya terkena hbsag positif.Karna saya khawatir menular ke anak pertama saya,lalu anak saya yang pertama di cek labor juga bersyukur hasilnya negatif.Saya mau menanyakan bagaimana agar virusnya tidak menular ke anak pertama saya,apa harus di vaksin kan dan di mana bisa di dapatkan vaksin hepatitis untuk anak saya yang sekarang berumur 5 tahun?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Hepatitis B merupakan salah satu virus yang penularannya melalui darah, dan seringkali menetap seumur hidup di dalam tubuh. Hanya ada beberapa kasus saja dimana hepatitis B akan sembuh total bila ditangani dengan cepat. Namun pada banyak kasus hepatitis B akan bersifat kronis di dalam tubuh dan yang dilakukan adalah berusaha mencegah munculnya berbagai komplikasi seperti sirosis hati, kanker hati, dll.

Pada anak Anda dimana saat ini HBsAg nya negatif yang menunjukkan tidak terjangkit virus hepatitis B, maka anak Anda perlu melakukan pemeriksaan Anti HBs untuk mengetahui kadar antibodinya. Bila kadar antibodinya kurang atau malah tidak ada antibodi maka segera lakukan vaksinasi hepatitis.

Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter anak perihal vaksinasi tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit campak disebabkan oleh virus Rubeola yang hidup pada mukosa hidung dan tenggorokan

Imunisasi Campak, Kapan Bayi Harus Mendapatkannya?

Penyakit campak disebabkan oleh virus Rubeola yang hidup pada mukosa hidung dan tenggorokan. Campak dapat menyebabkan infeksi telinga, diare, infeksi paru atau pneumonia dan pembengkakan pada otak.