bagaiman cara mengobati pilek dan hidung tersumbat yang berkepanjangan?

MK Info Penanya: MK
Pagi dok, saya ingin bertanya mengenai kondisi saya. Sudah 1-2 bulan ini saya mengalami gejala flu namun pileknya tidak kunjung sembuh. Saya terus menerus pilek dan juga hidung tersumbat. Kira-kira kenapa ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MK,

Hidung tersumbat dan gejala flu adalah pertanda adanya gangguan pada saluran pernapasan dimana bisa timbul akibat beragam penyebab seperti reaksi alergi, paparan zat tertentu, adanya infeksi pada rongga hidung, infeksi pada rongga sinus, polip hidung dan lainnya.

Untuk mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan penanganan seperti mengonsumsi air hangat, menghirup uap hangat, gunakan dekongestan baik obat minum atau obat tetes untuk mengatasinya tetapi baiknya melalui pemeriksaan dokter dulu. Bisa juga mencuci hidung dengan air garam dan juga mencegah paparan pencetus dengan menggunakan masker terutama saat bepergian atau berada di ruang terbuka.

Jika tidak ada perbaikan maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis THT untuk dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Jika penyebabnya adalah sinusitis maka selain pengobatan dapat juga dianjurkan untuk dilakukan tindakan operatif jika tidak mendapat hasil maksimal dari pemberian obat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.