Bagaiman cara memilih produk kecantikan?

NA Info Penanya: NA, Pria, 19 Tahun
Sabun multy beauty soap,itu apa aman dn bagus dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, NA.

Memilih produk kecantikan perlu memperhatikan banyak hal, terutama bergantung terhadap jenis kulit. Banyaknya produk kosmetik yang beredar dan memberikan fungsi yang berbeda-beda terkadang membuat seseorang ingin mencoba-coba dan bergonta ganti produk. Yang perlu diperhatikan dalam memilih produk kecantikan adalah:

  1. Kenali jenis kulit apakah termasuk tipe berminyak, kering, normal, atau sensitif. Untuk mengetahui jenis kulit Anda secara pasti maka Anda dapat memeriksakannya ke Dokter Spesialis Kulit.
  2. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Pada seseorang dengan kulit sensitif harus sangat berhati-hati memilih produk. Kulit sensitif dan kering lebih membutuhkan dengan produk yang pelembabnya lebih banyak. Sedangkan kulit berminyak, pilihlah produk yang lebih banyak mengandung air.
  3. Kenali kandungan dalam produk, hindari yang memakai alkohol dan utamakan produk dengan bahan alami, seperti aloe vera, tea tree oil, chamomile, dan lain-lain.
  4. Periksa label, kadaluarsa, dan izin edar untuk menghindari produk palsu. Pastikan produk sudah terdaftar secara BPOM.
  5. Membeli di toko kosmetik terpercaya.

Jika produk tersebut sesuai dengan kulit Anda, maka biasanya tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, jika terdapat tanda dan gejala di bawah ini:

  • kulit memerah dan meradang
  • gatal
  • membengkak
  • berjerawat banyak

Maka sebaiknya pemakaian produk dihentikan. Hindari mencoba-coba dan bergonta-ganti produk karena akan membuat kulit menjadi sensitif.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beberapa tahi lalat dapat berubah menjadi gejala kanker

Jenis Tahi Lalat dan Potensi Bahayanya, termasuk Kanker

Jika Anda memiliki tahi lalat yang terlihat berbeda, ini bisa menjadi salah satu gejala kanker. Cara mengetahui potensi kanker pada tahi lalat dengan cara mengenal istilah ABCDE.