Badan sering gemetar dengan riwayat epilepsi yang sudah 2 tahun tidak kambuh.

M Info Penanya: M, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dok. Ada yang mau saya tanyakan. Saya menderita epilepsi dari kecil dan sudah menjalani pengobatan bertahun2. Setelah berusia 21 th saya dinyatakan sembuh total. Dan setelah kurang lebih 2 th tidak minum obat, badan sering terasa gemeteran, agak sedikit sakit. Tidak begitu sakit. Tp sangat mengganggu. Terutama ketika ingin tidur. Apa saya harus berobat lg mengenai epilepsi atau ini penyakit lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MKW

Terimakasih atas pertanyaannya di Forum SehatQ.

Sebaiknya anda konsultasi kembali dengan Dokter Spesialis Saraf untuk memastikan bahwa epilepsi anda masih terkontrol dengan baik. Gemetar bisa saja termasuk gejala awal dari kondisi lain dan tidak terkait dengan riwayat epilepsi anda.

Cara mencegah kambuhnya epilepsi

1. minum obat secara teratur sesuai instruksi dokter

2. kontrol stres anda karena dapat memicu kejang

3. atur waktu tidur yang teratur

4. makanan sehat dan tidak boleh minuman beralkohol

Hormon anda juga berperan, tergantung dengan siklus haid anda. Hindari faktor yang bisa memicu kejang anda. Bila anda menggunakan kontrasepsi seperti pil atau suntik, bicarakan dahulu dengan dokter anda.

Semoga penjelasan saya bermanfaat

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan kesehatan rutin untuk pria dibagi berdasarkan waktunya, seperti perawatan kesehatan harian, bulanan, enam bulan, dan saat tertentu

Panduan Perawatan Kesehatan Rutin untuk Pria agar Tetap Sehat dan Bugar

Perawatan kesehatan rutin untuk pria sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk menjaga kondisi tubuh. Bentuk perawatan kesehatan pria tersebut, antara lain: perawatan harian, perawatan bulanan,, perawatan enam bulanan, dan perawatan pada saat tertentu