Demam dan dahak ditenggorokan, apakah TB paru?

PA Info Penanya: PA, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok saya ingin bertanya. Setahun yg lalu saya sempat di diagnosa TB oleh dokter, namun dr pemerikasan rongent nenunjukkan bronkitis. Saya sempat meminum obat TB selama 10 hari namun efek nyeri di pinggang saya sakit sekali. Lalu saya memutuskan untuk tidak minum lagi. Tapi saat ini saya merasa badan saya anget dan seperti ada sekret di twnggorokan saya yg susah keluar. Apakah ada kaitanya dok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

TB Paru (TBC) adalah salah satu penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini menular lewat batuk, bersin, berbicara dan meludah. Terdapat dua jenis TB yaitu TB aktif dan TB laten. TB aktif adalah orang yang menderita gejala TB berupa batuk lebih dr 3 minggu, nyeri dada, dan penurunan berat badan. Sedangkan TB laten adalah orang yang menderita penyakit TB tetapi tidak menunjukan gejala karena kuman tersebut dorman di dalam tubuh, tetapi suatu waktu bisa menjadi TB aktif dan menularkan ke orang lain. 

Pengobatan TBC membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus teratur dalam mengkonsumsi obatnya. Pengobatan berjalan selama 6-9 bulan. Sangat penting bagi penderita TB untuk mengikuti aturan minum obat TB dari dokter. Jangan sampai putus di tengah jalan. Karena jika itu terjadi, maka akan ada kemungkinan bahwa bakteri TB akan resisten terhadap antibiotik itu dan akan semakin sulit untuk mengobatinya.

Gejala yang Anda alami saat ini bisa saja ada kaitannya dengan penyakit TB Anda tahun lalu. Ditambah Anda juga tidak tuntas dalam pengobatannya. Jadi, dikhawatirkan kalau penyakit ini kambuh kembali. Untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter paru agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Lalu, jika Anda ingin membuang sekret yang ada di tenggorokan, jangan buang sembarangan. Sementara ini, gunakan masker mulut jika Anda bepergian keluar rumah sampai Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan pembersih paru-paru bisa Anda coba untuk membuat napas lebih plong!

Makanan Pembersih Paru-paru yang Jarang Diketahui Orang

Memiliki paru-paru yang sehat adalah impian banyak orang. Namun, paparan polusi udara dan asap rokok terkadang tak bisa dihindari. Namun jangan khawatir, coba saja makanan pembersih paru-paru ini!