Badan meriang, kenapa?

PS Info Penanya: PS
Dok, badan ku terasa panas seperti meriang gitu, tp waktu adik aku pegang katanya gak panas, ditambah punggung ku selalu sakit seperti ada anginnya. Mohon bantuannya dok, terimakasih :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PSC.

Meriang adalah ketika seseorang merasa suhu tubuh lebih hangat ketimbang biasanya. Terkadang, seseorang merasa hangat karena suhu lingkungan menjadi dingin. Ketika merasa meriang, sangat direkomendasikan untuk mengukur suhu tubuh. Ketika suhu lebih dari 38 derajat celcius, berarti orang tersebut sedang mengalami demam.

Demam adalah mekanisme tubuh untuk melawan virus, bakteri, atau infeksi lainnya yang ada di dalam tubuh. Ketika seseorang demam, kekebalan tubuh sedang bekerja. Penyebab demam bervariasi, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Oleh karena itu, perlu diperhatikan gejala lain yang muncul menyertai demam. Misalnya, demam yang disertai perdarahan bisa saja demam berdarah dengue.

Kondisi yang Anda alami, yaitu demam disertai dengan nyeri punggung, bisa disebabkan oleh penyakit yang sama atau berbeda. Penyakit yang sama-sama memiliki kedua gejala ini misalnya infeksi tulang belakang atau infeksi ginjal. Sedangkan jika berbeda, nyeri punggung bisa disebabkan oleh otot, tulang, ataupun persendian. Anda dapat memeriksakan keluhan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sementara, lakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Mengonsumsi makanan bergizi agar kekebalan tubuh meningkat
  • Minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi
  • Beristirahat teratur dan tidak begadang
  • Jika suhu tubuh di atas 38 derajat, konsumsi parasetamol atau obat penurun panas lainnya yang dijual bebas sesuai dosis yang dianjurkan

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pelajari cara menurunkan demam pada anak, untuk mengobati demam dengan gejala berbeda

Tidak Perlu Panik, Berikut Ini Cara Menurunkan Panas Anak

Demam pada anak membuat Anda panik dan bingung bagaimana mengobatinya. Pelajari gejalanya dan cara menurunkan panas anak. Penanganannya juga berbeda, tergantung pada usia anak dan penyebab demamnya.