Apa penyebab badan panas dan mual setiap habis makan?

OA Info Penanya: OA, Wanita, 18 Tahun
badan panas,lemas, dan setiap habis makan mual
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang OA,

Panas dan mual adalah keluhan yang bisa timbul apabila mengalami gangguan kesehatan terutama di saluran pencernaan. Kondisi ini bisa timbul karena infeksi saluran pencernaan, keracunan makanan, alergi makanan, diare, ataupun kondisi lain yang memicu keluhan demam dan mual.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan diantaranya seperti perbanyak minum air putih, bisa konsumsi air jahe hangat untuk mengurangi mual, hindari makanan yang merangsang mual, bisa konsumsi antasida sebelum makan dan paracetamol setelah makan jika ada demam.

Jika keluhan berlangsung lebih dari 2 hari, ada diare, nyeri perut hebat, demam tinggi, muntah-muntah, dan ada tanda dehidrasi maka perlu segera periksakan diri pada dokter untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai.

Perhatikan juga keluhan lain yang timbul agar membantu dokter menentukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Upayakan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, pilih makanan yang diolah dengan baik dan matang. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga ketersediaan energi juga menjadi salah satu fungsi enzim lipase.

7 Fungsi Enzim Lipase untuk Kesehatan yang Tak Tergantikan

Enzim adalah molekul biologis yang mempercepat laju reaksi kimia, di dalam sel tubuh Anda. Salah satu enzim terpenting bagi tubuh adalah lipase. Apa saja fungsi enzim lipase yang sangat penting itu?