07 Jun 2020, 06:22Penyakit Lainnya

Badan panas naik turun dan hidung tersumbat

AP
Info Penanya: AP, Pria, 21 Tahun
Suhu badan saya beberapa hari terakhir sering naik turun dok, kali ini muncul gejala sperti mau pilek, tapi saya tidak batuk. Mohon penjelasannya dok
27307 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AP,Hidung tersumbat adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh masalah pada saluran pernapasan seperti flu, infeksi saluran napas, rhinitis atau peradangan dinding hidung, baik yang disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri ataupun infeksi virus.Apabila suhu badan naik turun, ada baiknya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Apabila lebih dari 37,5 derajat celcius berarti ada demam. Untuk mengatasi demam bisa mengonsumsi obat penurun demam seperti parasetamol dan bisa minum air putih lebih banyak.Untuk mengatasi hidung tersumbat sendiri bisa dilakukan beberapa cara seperti:
  • Perbanyak minum air putih hangat
  • Menghirup uap air hangat
  • Minum obat flu seperti yang memiliki kandungan pseudoefedrin ataupun chlorpheniramine maleat
  • Mencuci hidung dengan air garam
  • Hindari pemicu alergi seperti debu, asap rokok atau udara dingin
Jika keluhan tidak membaik atau demam terjadi lebih dari 3 hari maka perlu dilakukan pemeriksaan. Terapkan pola hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan pakai sabun dan hindari menyentuh mata, hidung dan mulut jika belum mencuci tangan.Terapkan pembatasan sosial dan pembatasan fisik dengan orang lain ketika masih mengalami keluhan flu. Terapkan etika batuk dan bersin yang baik, dan gunakan masker untuk mencegah penularan pada orang lain. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
demamfluhidung tersumbat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil