Badan menggigil setiap malam, apakah gejala penyakit?

PK Info Penanya: PK
Halo,dok. Saya wanita berumur 22 tahun. Saya baru saja pindah ke kota Bogor. Namun, pada malam hari saya sering merasa kedinginan yang berlebihan hingga badan menggigil. Seperti masuk angin tapi sering terjadi. Apakah saya terkena penyakit tertentu dok? lalu bagaimana penanganannya ya? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PK,

Badan menggigil adalah tanda ketika tubuh mencoba mempertahankan panas dengan cara kontraksi otot berulang sehingga timbul menggigil. Selain itu menggigil juga merupakan tanda tubuh akan demam akibat beragam hal mulai dari infeksi saluran napas, infeksi pencernaan, kadar gula yang dibawah normal, kurang cairan, suhu udara yang dingin ataupun penyebab lainnya.

Untuk mengatasi mengigil dapat dilakukan beberapa upaya seperti minum air putih lebih banyak, gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal tetapi nyaman, upayakan berada di ruang yang sejuk dan sirkulasi udara baik, hindari terpapar suhu dingin ataupun terlalu panas, dan konsumsi obat pereda demam jika timbul demam. Minum-minuman hangat seperti teh, jahe ataupun madu bisa membantu meredakan menggigil.

Jika timbul demam atau keluhan menetap segera periksakan diri pada doker agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beragam tipe termometer di pasaran dengan cara penggunaan yang berbeda pula.

Mengenal Jenis-Jenis Termometer dan Cara Menggunakannya

Beberapa jenis termometer yang beredar di pasaran yaitu, termometer air raksa, termometer digital, termometer digital khusus telinga, dan termometer digital dahi.