Panas dingin dan lemas 3 hari, gejala apa?

RP Info Penanya: RP, Wanita, 22 Tahun
Halo dok saya mau bertanya ketika saya bangun tidur badan saya terasa lemas, kepala pusing dan panas dingin dok bisa dijelaskan gejala sakit apa dok.? Sudah 3 hari saya sakit seperti itu dok dan sudah ke dokter juga. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RPS.

Lemas dan panas dingin adalah salah satu tanda bahwa kondisi tubuh sedang tidak sehat. Hal ini tentu membuat seseorang tidak nyaman, karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Lemas dan panas dingin bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti infeksi, kelelahan, kurang tidur, bahkan stres.

Nah, sebaiknya ketika tubuh panas dingin, ukurlah suhu tubuh Anda terlebih dahulu, apakah benar-benar panas atau demam. Tubuh dikatakan demam apabila suhu lebih dari 38 derajat celcius. Biasanya, ketika diminumkan obat penurun demam, suhu akan turun, lalu naik kembali. Kondisi demam juga membuat tubuh membutuhkan lebih banyak cairan, sehingga rentan terkena dehidrasi dan merasa lemas.

Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Mengonsumsi obat-obatan dari dokter yang Anda kunjungi secara teratur sesuai anjuran
  • Menghindari makanan yang tidak bernutrisi, seperti junk food dan makanan cepat saji
  • Minum air putih yang banyak
  • Beristirahat yang cukup dan tidak begadang
  • Menghindari aktivitas yang terlalu melelahkan

Apabila tak kunjung membaik dengan cara di atas, Anda dapat berkonsultasi ulang kepada dokter spesialis penyakit dalam. Kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui penyebab pasti penyakit Anda. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terlalu banyak minum air putih atau overhidrasi biasanya menyerang mereka yang gemar naik gunung

Rupanya, Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Sebabkan Kerusakan Otak

Menjaga agar tubuh tidak dehidrasi memang penting. Namun, terlalu banyak minum air putih atau overhidrasi ternyata memiliki risiko bagi kesehatan manusia.