11 Nov 2021, 18:17Kandungan

Gemetar dan mual pada pengguna KB, apakah hamil?

YO
Info Penanya: YO0
Dok Saya mau nanya saya kb 3 bulan dan saat ini lagi haid saat itu haid saya sedikit dan kemudian hari nya haid nya gak ada dan saya berhubungan sama suami setelah itu 3 hari beturut² badan saya merasa bergetar dan pusing berat dan lemas dan mual tapi gk mutah yg ketiga hari nya lebih parah badan saya bergetar dan lutut lemas bergetar itu kenapa iya dok? Dan saya liat haid saya dikit doang itu haid apa darah apa? Apa saya hamil dok. Tolong jawab iya dok ?
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, YTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB yang termasuk pada jenis KB hormonal memiliki beberapa efek samping yang dapat terjadi pada wanita seperti adanya gangguan haid, gangguan pencernaan, peningkatan berat badan, jerawat. Jika anda mengalami gangguan haid misal haid sedikit, banyak, lama atau tidak haid sama sekali maka kemungkinan terjadi karena efek penggunaan suntik KB yang anda gunakan.  Selain itu haid yang sedikit juga bisa terjadi karena faktor stres dan kegemukan.  Lalu terkait badan gemetar, pusing, dan mual hal ini bisa disebabkan oleh faktor terlalu kelelahan, daya tahan tubuh yang menurun, begadang, sering minum yang mengandung kafein, tekanan dan gula darah rendah, anemia, serta asam lambung yang naik.  Selama penggunaan KB teratur dan benar maka kemungkinan hamil hanya 1-2% saja.  Bila ragu anda bisa lakukan testpack ketika telat haid lebih dari 10 hari di siklus haid berikutnya.

Tindakan awal mengatasi gemetar dan mual :

  • Banyak minum air putih
  • Pola makan teratur dan bernutrisi
  • Makan porsi kecil tetapi sering agar tidak mual
  • Istirahat teratur, hindari begadang,
  • Tambahkan vitamin buah, sayur dan vitamin berbentuk suplemen untuk daya tahan tubuh. 
Periksakan diri ke dokter terdekat bila keluhan gemetar ini tidak juga membaik dalam 5 hari kedepan.  Anda dapat membaca beberapa forum terkait gemetar dan mual seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
mualsiklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil