Badan lemas, demam ringan disertai nyeri dada kiri dan berdebar

SR Info Penanya: SR, Wanita, 2019 Tahun
Dokter,saya ingin bertanya kenapa belkngn ini saya mudah lelah dan hampir setiap hari saya demam cuman demamnya tidak parah dan juga badan didalam panas sering sakit dada sebelah kiri ketika tidur sakit dan ketika saya bangun keluar angin dari mulut saya sudah membuka goggle dan ketika saya liat sakit jantung hampir sama dengan yang saya rasakan saya sholat aja pas bangun kadng2 denyutnya cepat dan lelah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SR

Pada saat demam suhu tubuh dapat lebih tinggi yang mencetuskan badan cepat lelah dan peningkatan denyut jantung sehingga terasa berdebar. Terjadinya demam dapat menjadi tanda adanya suatu infeksi baik virus ataupun bakteri. Sehingga perlu di evaluasi oleh dokter darimana sumber infeksi.

Namun terdapat sebuah kondisi dimana pasien merasa demam ringan, cepat lelah, nyeri dada, jantung cepat berbedar yang bukan disebabkan oleh masalah infeksi, biasanya terjadi terjadi akibat kelainan hipertiroid yang menghasilkan hormon tiroksin berlebih sehingga memacu metabolisme lebih cepat.

Pada kondisi tersebut pasien akan merasa lemas, jantung cepat berdebar akibat stimulus hormon, keringat, sesak nafas, badan gemetar, penurunan berat badan dan terkadang disertai benjolan dileher. 

Saran saya anda perbanyak minum air, istirahat dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan sumber masalah apakah karena infeksi atau kelainan metabolisme hormonal tubuh. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terkena paparan zat iodium berlebihan dapat jadi penyebab penyakit tiroid

Jangan Sampai Lengah dengan Penyebab Penyakit Tiroid pada Wanita Ini

Wanita lebih rentan terkena penyakit tiroid. Alasan utamanya adalah karena hubungan antara kinerja kelenjar tiroid dengan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Salah penyebab penyakit tiroid adalah graves’ disease.