Bagaimana cara untuk menaikan berat badan?

W Info Penanya: W, Pria
Dok, kenapa ya saya susah untuk menaikan berat badan saya, saya sudah teratur makan sama olahraga, dan berat badan saya tetap. Umur saya sekarang udah 23th dan berat saya masih 48kg saya merasa kurus dan teman teman saya bilang kalau saya ini kurus. Saya pingin kaya teman teman saya yg punya badan berisi dok. Kasih solusi nya dok. Terimakasih ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi W,

Cara menghitung berat badan ideal yang mudah adalah dengan menghitung indeks masa tubuh dimana dihitung dari perbandingan berat badan dengan tinggi badan. Idealnya adalah apabila indeks masa tubuh antara 18,5 sampai 24,9. Jika dengan berat badan 48 indeks massa tubuhnya dibawah 18,5 berarti masih perlu ditingkatkan.

Untuk bisa menaikan berat badan dapat dilakukan beragam cara. Yang utama adalah ketahui kebutuhan kalori sehari-hari dan perlu mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih besar dari kebutuhan agar bisa menambah berat badan. Bisa menambahkan lauk pada porsi makanan seperti menambahkan telur, keju ataupun lauk lainnya dari menu sehari-hari, makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil, olahraga teratur, dan juga cukupi kebutuhan tidur dan istirahat.

Jika masih sulit perlu memeriksakan diri pada dokter karena tubuh yang kurus bisa disebabkan oleh beragam kemungkinan mulai dari faktor genetik, adanya asupan nutrisi yang kurang ideal, ataupun karena gangguan kesehatan mulai dari penyakit infeksi sampai gangguan penyerapan nutrisi. Untuk itu jangan ragu untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi langsung pada dokter agar diberikan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga berat badan ideal sebelum hamil penting dilakukan oleh ibu karena berpengaruh pada kualitas ASI

Ternyata, Berat Badan Ideal Sebelum Hamil Berpengaruh pada ASI Ibu

Seorang perempuan rupanya perlu memastikan berada di berat badan ideal sebelum hamil. Ketika melahirkan, ini berpengaruh pada pertumbuhan bayi saat minum ASI.