Badan kurus apakah bisa suntik estrogen untuk meningkatkan berat badan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Hollow dok.. nama saya caca saya usia 24 THN , saya mau konsultasi untuk masalah kesehatan tubuh dan kulit wajah, begini umur saya kan sudah 24 THN saya mau nanya kenapa y berat badan saya masih angka dibawah 40 dan PD saya kurang besar?? Bisa tidak dok saya melakukan suntik hormon estrogen dengan memakai suntuk KB?? Dan apakah dari suntik KB bisa mengurangi jerawat di wajah karena saya juga berjerawat dok, mohon infonya ya dok.. thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU

Berat badan sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang terima oleh tubuh, selain itu genetik dan kondisi medis juga dapat memengaruhi berat badan seseorang.

Kondisi berat badan yang susah bertambah dan tubuh yang cenderung kurus dapat disebabkan oleh :

  • Pengaruh genetik
  • Diet yang kurang nutrisi
  • Infeksi cacing
  • Gangguan tiroid
  • Diabetes

Untuk mengetahui penyebab dari kondisi Anda saat ini, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Dokter akan melakukan penghitungan indeks masa tubuh Anda dan juga pemeriksaan fisik. Jika memang indeks masa tubuh Anda telah sesuai dan ideal maka hal tsb tidak perlu Anda khawatirkan. Setelah pemeriksaan, Anda akan dapat dirujuk untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik untuk penentuan makanan yang terbaik untuk kondisi Anda.

Penyuntikan hormon atau suntik tidak semerta merta dapat meningkatkan berat badan. Penyuntikan hormon dikhawatirkan cenderung akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti gangguan pada menstruasi, perdarahan rahim yang tidak normal, timbulnya jerawat, dan lain lain. Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gizi untuk mengatasi keluhan yang Anda rasakan.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda meningkatkan berat badan agar menjadi lebih ideal :

  • Makan makanan yang sehat dan kaya nutrisi
  • Perbanyak frekuensi makan tetapi dalam porsi yang lebih kecil
  • Tambahkan kalori pada makanan yang Anda makan (konsultasikan dengan dokter gizi Anda)
  • Istirahat dengan cukup agar metabolisme berjalan dengan baik

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Indeks massa tubuh yang kurang maupun yang lebih sama-sama berbahaya

Indeks Massa Tubuh Saja Tak Cukup untuk Perkirakan Risiko Penyakit

Indeks massa tubuh bisa digunakan untuk memperkirakan risiko penyakit yang terkait obesitas. Namun perlu perpaduan dengan cara pengukuran lain agar Anda bisa mendapatkan perkiraan kadar lemak tubuh yang lebih akurat guna memprediksi risiko penyakit.