13 Sep 2021, 17:00Penyakit Lainnya

Badan gemuk setelah menikah.

R
Info Penanya: R0
Dokter, saya baru menikah dua bulan, tapi saya merasakan berat badan saya bertambah. Kondisi ini bukan saya saja yang mengalami, tapi setiap teman saya yang sudah menikah, pasti badannya pada gemuk. Apa penyebab badan gemuk setelah menikah? Lalu, bagiamana cara mengatasi agar berat badan tetap ideal meskipun sudah menikah.
194 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, RTerima kasih atas pertanyaannya.Berat badan ideal bukan hanya dilihat dari timbangan berat badan karena seseorang dikatakan berat sudah ideal ketika indeks masa tubuhnya berada di skala normal.  Untuk mengukur indeks masa tubuh bisa dilakukan dengan memasukkan berat badan dan tinggi badan. 

Penyebab badan gemuk setelah menikah

Jadi jika pertanyaan kenapa setelah menikah banyak yang naik berat badannya, dari medis tidak ada penjelasanan spesifik namun setelah menikah, kebanyakan orang berat badan bertambah bisa disebabkan karena faktor makan lebih banyak karena sudah ada yang memasakkan, lalu jarang olahraga karena lebih sering bersama pasangan, dan faktor pikiran yang bahagia.  Selama berat badan masih dalam batas normal maka tidak perlu khawatir, tinggal bagaimana menjaga berat badan stabil dan tidak terjadi penumpukkan lemak di bagian tertentu.  

Cara mengatasi badan gemuk setelah menikah :

  • Pola makan teratur dan kandungan gizi serta nutirisi seimbang. 
  • Batasi makanan dan minuman yang memicu gemuk contohnya tinggi kolestrol, pengawet, pemanis buatan, terlalu pedas, tinggi gula, dan tinggi kafein. 
  • Perbanyak minum air putih. 
  • Olahraga yang membentuk badan sehingga berat badan stabil dan masa otot terbentuk.  Ajak pasangan agar menjadi motivasi. 
  • Hindari merokok dan begadang. 
  • Kelola stres dan cemas. 
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
berat badan idealobesitaskelebihan berat badanpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil