Badan gemuk akibat genetik

MB Info Penanya: MB, Pria, 19 Tahun
Apakah, jika kita memiliki gen keturunan gemuk dari orang tua, akan mempengaruhi berat badan yang susah turun?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Ibu M

Obesitas adalah gangguan kompleks yang melibatkan jumlah lemak tubuh yang berlebihan. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit dan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Menjadi gemuk berarti Anda cenderung memiliki masalah kesehatan terkait dengan berat badan Anda. 

Meskipun obesitas dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan) yang membuat berat Anda menjadi sulit untuk turun, namun ada beberapa yang dapat menyebabkan obesitas seperti :

  • Sindrom cuhsing (kumpulan gejala yang timbul seperti berat badan yang meningkat, darah tinggi, dan timbulnya jerawat, dll akibat kelebihan hormon kortisol dalam tubuh)
  • Faktor hormonal
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Pola makan dan kebiasaan makan yang tidak sehat
  • Mengonsumsi lebih banyak kalori yang masuk daripada yang di bakar seperti makanan cepat saji dan minuman berkalori tinggi

Untuk itu yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya obesitas adalah :

  • Diet dengan mengonsumsi makanan yang rendah kalori dan tinggi serat. Penurunan berat badan yang lambat dan stabil dalam jangka panjang dianggap sebagai cara paling aman untuk menurunkan berat badan dan cara terbaik untuk mempertahankannya secara permanen
  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Berolahraga minima 150 menit dalam seminggu

Untuk itu jika ingin menurunkan berat badan secara benar, Anda dapat konsultasikan ke dokter spesialis gizi untuk mendapatkan menu diet dan jumlah kalori yang dianjurkan untuk diet Anda.

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.