Badan gatal setelah makan ikan

KR Info Penanya: KR, Pria, 30 Tahun
Malam Dokter saya dari PAPUA mau tanya kenapa sejak saya makan ikan dan badan saya mulai GATAL-GATAL dan saya kalau garu semakin banyak...Namun saya sudah ke Rumah sakit priksa dan di kasih Obat setelah saya minum ada perubahan namun kadang-kadang Gatal-Gatal muncul lagi dan aneh nya kalau di pagi atau siang hari tidak pernah muncul Gatal-Gatal nanti di saat malam hari baru muncul Gatal-Gatalnya....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KR,

Gatal-gatal adalah keluhan yang bisa timbul karena reaksi alergi, biduran, peradangan kulit, infeksi kulit ataupun penyebab lain. Jika sebelumnya mengonsumsi bahan makanan tertentu seperti ikan yang menyebabkan gatal maka perlu diperhatikan karena gatal bisa kembali kambuh dan berulang jika terpapar penyebab gatal kembali. 

Jika gatal kambuh kembali terutama gatal saat malam perlu diperhatikan, karena bisa disebabkan oleh alergi dingin ataupun bisa karena infeksi kulit seperti misalnya skabies. Jadi jika ada orang serumah yang merasakan gatal yang sama perlu diperiksakan.

Cara meredakan gatal

Untuk meredakan gatal bisa dilakukan beberapa cara seperti berikut:

  • Minum obat pereda gatal atau obat antihistamin seperti chlorphenireamine maleat
  • Gunakan losion calamine atau bedak salisil
  • Mandi air hangat untuk menghilangkan paparan alergen
  • Kompres bagian yang gatal dengan kompres dingin
  • Upayakan berada di ruangan yang sejuk

Kalau timbul ruam dan gatal yang lebih luas, gejala lebih sering kambuh ataupun jadi reaksi alergi yang lebih berat perlu diperiksakan pada dokter terdekat atau bisa pada dokter kulit. Nantinya jika memungkinkan bisa juga dilakukan pemeriksaan apakah ada penyebab lain dari gatalnya seperti infeksi kulit misalnya infeksi kutu yang sudah disebutkan, infeksi jamur, ataupun penyebab lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep gatal punya banyak pilihan tergantung dari penyebab gatalnya

3 Salep Gatal Ampuh yang Biasa Diresepkan Dokter

Salep gatal bisa mengandung steroid, antihistamin, maupun obat anestesi. Penggunaannya harus sesuai dengan penyebab gatal yang Anda alami.