25 Dec 2020, 09:56Kulit & Kelamin

Penyebab bentol di seluruh tubuh

AA
Info Penanya: AA0
Dok mau nanya, jadi saya selama dikampung ni tiba2 badan saya bentol2 gak tau ntah itu alergi atau digigit hewan tapi bentol2nya ni pisah2 dok, tapi hampir disemua bagian tubuh ada n gatal banget dok. Yang dideket tangan lebih agak besar bentolnya, udh diksihyminyak kayu putih, minyak tawon, tapi gak reda2 rasa gatalnya dan bentolan itu dok, jadi saya harus gimana dok
264 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam A.Bentol di badan dapat membuat rasa gatal, sehingga penderitanya akan menggaruk bentol tersebut yang dapat menyebabkan luka gores akibat kuku. Luka gores ini dapat menimbulkan infeksi pada kulit, dan meninggalkan bekas kehitaman. 

Penyebab bentol di seluruh tubuh

Penyebab bentol di seluruh tubuh antara lain akibat :
  • Kutu yang ada di kasur menyebabkan bentol dan gatal di seluruh tubuh. Anda dapat mengatasinya dnegan cara rutin membersihkan tempat tidur maupun karpet menggunakan penyedot debu.
  • Alergi akibat makanan, obat-obatan, cuaca, debu yang menimbulkan gatal pada kulit, dapat disertai bersin-bersin, hidung berair, mata memerah. Reaksi alergi ini akan mereda jika penyebab alergi sudah disingkirkan.
  • Sengatan serangga seperti lebah juga dapat menyebabkan gatal dan bengkak pada area yang disengat. Jika tubuh mengeluarkan reaksi alergi terhadap sengatan tersebut, maka dapat terjadi bentol di seluruh tubuh.
  • Penggunaan detergen baju yang menyebabkan iritasi dapat membuat kulit menjadi bentol-bentol.

Cara mengatasi bentol di seluruh tubuh

Cara mengatasi bentol di seluruh tubuh dengan mencari tahu apa penyebab bentol dan berusaha mengatasinya. Misalnya bentol yang disebabkan oleh kasur dan lingkungan rumah yang kurang bersih, maka Anda harus membersihkan rumah lebih sering. Gunakan masker jika Anda mempunyai alergi debu. Hindari makanan dan obat-obatan yang dapat memicu alergi seperti obat pereda nyeri maupun antibiotik. Gunakan baju yang lebih tebal di saat cuaca dingin. Untuk mengurangi keluhan gatal, Anda dapat menaburkan bedak yang mengandung salicylic acid pada badan dan konsumsi obat gatal seperti CTM dengan dosis 3 x 4 mg setelah makan. Efek obat ini dapat menyebabkan kantuk, sehingga harus berhati-hati jika akan mellakukan aktifitas terutama mengendarai kendaraan.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gatalalergi akibat sengatan lebahalergi dingin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil