Berkeringat dingin dan lemas, apa bisa karena hipertensi?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 30 Tahun
Pagi Dok! Saya mau tanya, mama saya mengeluhkan klo tubuhnya terasa dingin, berkeringat, pusing, kurang nafsu makan dan lemas. Mama saya memiliki riwayat darah tinggi. Terimakasih....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AF.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika aliran darah di dalam tubuh dipompa lebih kuat daripada biasanya. Tekanan darah di tubuh dapat diukur dengan alat bernama sphygnomanometer, dan disebut hipertensi ketika nilainya di atas 130/80 mmHg. Beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang lebih rentan terkena hipertensi adalah faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, mengalami obesitas, merokok, dan pola tidur yang tidak teratur. 

Biasanya, penderita hipertensi tidak merasakan gejala apa-apa pada awalnya. Jika dibiarkan, lama-kelamaan hipertensi bisa memunculkan komplikasi pada jantung seperti penyakit jantung koroner, pembengkakan jantung, sampai gagal jantung. Selain itu, hipertensi juga bisa memengaruhi organ lainnya seperti otak, ginjal, atau paru-paru.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan ibu Anda ke dokter spesialis penyakit dalam. Mengingat gejala yang ibu Anda alami seperti berkeringat dingin, lemas, dan pusing, kemungkinan ada penyakit lain yang diderita selain hipertensi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, lalu memberikan penanganan yang tepat.

Jangan lupa selalu melakukan gaya hidup sehat untuk mencegah hipertensi semakin parah, yaitu:

  • Minum obat hipertensi yang telah diresepkan dokter secara teratur
  • Mengonsumsi makanan sehat, banyak sayur dan buah-buahan
  • Mengurangi konsumsi junk food, makanan cepat saji, atau makanan yang digoreng
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidak begadang
  • Menghindari stres
  • Bergerak aktif

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipertensi pada wanita jangan disepelekan, harus dikonsultasikan ke dokter

Hipertensi pada Wanita: Penyakit yang Patut Diwaspadai

Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada wanita tidak boleh disepelekan. Biasanya gejalanya baru muncul ketika kondisinya sudah parah. Cegah hipertensi dengan rutin cek tekanan darah.