Apakah hasil USG janin saya normal?

FR Info Penanya: FR, Wanita, 26 Tahun
Siang dok, saya kiki rizkyDok saya mau tnyaUsia kamdungan sya 20w 6dSaya mau tnyakan hsil USG sya dok Dengn ket sbb BPD : 4, 92 cm S/D: +/- 12D fetal weight : 36 3, 29 gApakah normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FR

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

USG kehamilan adalah suatu pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk dapat menggambarkan kodisi organ reproduksi wanita dan keadaan janin di dalamnya. USG kehamilan, dilakukan oleh dokter spesialis kandungan pada saat Anda melakukan pemeriksaan Antenatal care (ANC). 

Beberapa manfaat dari USG kehamilan adalah memastikan adanya kehamilan, mendeteksi adanya kelainan bawaan pada janin, mengetahui perkembangan dan pertumbuhan janin, mendeteksi jenis kelamin, mendeteksi hari perkiraan lahir (HPL) dan usia kehamilan.

Adapun beberapa istilah dalam hasil pemeriksaan USG yaitu:

  • GA: perkiraan usia kehamilan
  • GS: ukuran kantung kehamilan
  • BPD: diameter kepala janin
  • HC: keliling lingkar kepala janin
  • CRL: panjang janin dari kela hingga bokong
  • AC: keliling lingkar perut janin
  • FL: panjang tulang kaki janin
  • EDD: perkiraan hari lahir janin

Terkait dengan pertanyaan Anda, pada usia kehamilan 20 hingga 21 minggu ukuran BPD normal berkisar antara 4.9 cm - 5.2 cm. Jadi, janin Anda termasuk kondisi normal. Sebaiknya, rutin melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC) minimal 4x selama masa hamil. Bila terdapat keluhan terkait dengan kondisi kehamilan segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat, serta saat dilakukan pemeriksaan USG tanyakan kondisi janin Anda.

Konsumsilah makanan yang bergizi siembang, hindarilah stres dan kelelahan, istirahat dengan cukup, serta jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Seoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Skincare yang aman untuk ibu hamil

Mengenal Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Skincare yang aman untuk ibu hamil penting untuk Anda ketahui. Sebab, ibu hamil yang salah menggunakan produk perawatan kecantikan dapat berisiko membahayakan kehamilan Anda.