BAB Tidak Rutin? Apa Sebabnya?

A Info Penanya: A, Pria, 32 Tahun
Hai Dokter, Saya mau bertanya kalau BAB tidak rutin atau lancar setiap hari apa bisa dari turunan atau genetik? Karena meskipun sudah makan buah atau sayur tetap tidak teratasi. Banyak teman atau kerabat yang jarang makan buah atau sayur tapi mereka bisa BAB tiap hari. Mohon penjelasannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak A,

BAB atau Buang Air Besar, sangat dipengaruhi oleh faktor gangguan pencernaan, faktor psikis individual dan faktor lingkungan.

Penyebab tersering sulit BAB adalah :

  1. Kurangnya konsumsi serat dan minum air putih, sebaiknya makan sayur, buah dan minum air putih minimal 2 liter sehari. Sebaiknya makan pepaya akan memperlancar BAB, sebaliknya dengan pisang.
  2. Menunda BAB, akibatnya terjadi penyerapan kembali air dari feces didalam usus besar sehingga BAB menjadi makin sulit dan keras. Sebaiknya bila sudah terasa refleks untuk BAB maka jangan ditunda.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi susu, produk susu, daging dan makanan berminyak.
  4. Berpuasa atau diet yang terlalu membatasi makanan sehingga volume feses yang terbentuk sedikit sehingga menghambat terjadinya BAB
  5. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti Antasida, obat anti cemas, obat tidur, obat penghilang sakit, dll
  6. Kurang berolahraga dan kurangnya aktifitas fisik
  7. Cemas dan stress
  8. Pergantian tempat tinggal seperti pada travelling dll
  9. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
  10. Kehamilan
  11. Adanya kelainan atau penyakit lain seperti gangguan pada kelenjar tyroid

Hindari dan atasi faktor yang menyebabkan sulitnya BAB, maka BAB akan lancar setiap hari. Sebagai tambahan kebiasan BAB bersifat individual dan berbeda antara setiap orang, sehingga tidak dapat disama ratakan.

Selalu jalani pola hidup sehat, tetapkan waktu tertentu untukmelakukan aktifitas BAB dan jadikan kebiasaan, sekali dua kali mungkin akan terganggu namun jangan terlalu dicemaskan selama tidak ada gangguan fisik berarti.

Sebaiknya jangan pernah menunda BAB bila sudah ada refleks untuk BAB karena hal ini akan menyebabkan penyerapan air dari feses dan mengakibatkan feses keras dan lebih sulit lagi untuk BAB berikutnya.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketika NEC memburuk, maka infeksi usus bisa meluas sehingga deteksi dini sangat diperlukan

Deteksi Dini NEC Cegah Memburuknya Infeksi Usus pada Bayi Baru Lahir

Necrotizing enterocolitis (NEC) biasanya terjadi pada bayi baru lahir. Penyakit ini bisa menyebabkan usus bayi meradang bahkan membentuk lubang jika keadaannya sudah memburuk. Untuk mencegahnya, perhatikan tanda-tanda NEC, seperti pembengkakan perut, muntah, diare.