Bab tiap bangun tidur

AN Info Penanya: AN, Wanita, 21 Tahun
Dok knapa ya perut saya tiap kali bngun tidur selalu sakit mules tp pup juga tidak cair sehari bisa 2 kali apa itu termasuk diare?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi AP.

Diare adalah perubahan frekuensi dan konsistensi dari BAB. Frekuensi menjadi >4x dalam sehari, konsistensi yang tadinya padat menjadi cair.

Keinginan untuk BAB ketika pagi hari adalah normal. Itu merupakan suatu fisiologis tubuh Anda terhadap kerja sistem pencernaan. Ketika anda tidur, kerja usus pun menurun hal itu menyebabkan anda tidak berasa ingin BAB ketika sedang tidur (kecuali anda minum obat-obatan tertentu), ketika anda bangun, sistem pencernaan pun juga akan melakukan hal yang sama, minum atau makan akan memberi sinyal kepada sistem pencernaan bahwa akan ada makanan yang masuk, sehingga akan terjadi kontraksi sistem pencernaan yang akan memicu pembuangan sisa makanan yang sebelumnya.

Selama tidak ada perubahan frekuensi dan konsistensi dalam BAB Anda, maka hal tersebut terkesan normal. namun jika Anda masih ragu anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi. 

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.