Bab setelah makan, apakah wajar?

RY Info Penanya: RY, Pria, 20 Tahun
Dok apakah wajar jika bab setelah makan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RY.

BAB (buang air besar) adalah proses alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran dalam bentuk tinja. Frekuensi BAB tiap-tiap orang berbeda, dimana tiga kali sehari sampai sekali dalam dua hari masih dapat dikategorikan normal, jika tinja yang dihasilkan tidak keras dan tidak encer.

Memang banyak orang yang memiliki kebiasaan BAB di pagi hari, walaupun sebenarnya BAB dapat dialami kapanpun sepanjang hari. Jika Anda mengalami BAB setelah makan, maka wajar saja, selama masih dalam frekuensi dan bentuk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Tips agar BAB Lancar

Oleh karena kondisi ini wajar, sebaiknya Anda senantiasa menjaga sistem pencernaan Anda agar tetap sehat dan proses BAB tetap lancar, dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur dan buah
  • Hindari mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak, karena memicu BAB menjadi encer
  • Cukupi kebutuhan air putih harian
  • Atur posisi duduk di toilet yang benar, yaitu berjongkok (kloset jongkok) atau duduk dengan memberikan bangku pendek untuk alas kaki (kloset duduk)

Apabila ada gangguan BAB seperti sembelit maupun diare, atau apabila BAB disertai dengan darah maupun lendir, segera konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis penyakit dalam, ya. Nantinya, mungkin saja dilakukan pemeriksaan feses lengkap untuk mengetahui penyebab gangguan BAB tersebut.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musim pancaroba terjadi ketika musim kemarau beralih musim hujan, dan sebaliknya

Memasuki Musim Pancaroba, Ini Beragam Penyakit Sering Muncul

Selama musim pancaroba, terdapat sejumlah penyakit yang lebih mungkin terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengantisipasinya dan tips menjaga kesehatan dengan tepat.