21 Sep 2019, 11:09

BAB nyeri dan berdarah

A
Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Saya kalo pup sakit sekali kadang berdarah ,selesai pup juga terasa perih pegal kalo buat duduk tambah perih,,bagaimana cara mengobati ambeien ya dok?
32575 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. M. Anugerah Yusro
(0)
Selamat malam, ATerimakasih atas pertanyaannya.BAB berdarah adalah kondisi dimana biasanya akibat perdarahan pada saluran cerna. BAB berdarah ini dapat ditandai dengan kondisi berupa BAB yang disertai darah berwarna merah segar yang menandakan adanya perdarahan pada saluran cerna bagian bawah atau BAB dengan darah warna kehitaman yaitu kondisi yang menandakan bahwa sumber pendarahan berasal dari saluran cerna bagian atas. Kondisi ini jika dibiarkan dapat menimbulkan komplikasi yang serius berupa anemia akibat kehilangan darah sampai kondisi yang mengencam jiwa jika perdarahan yang terjadi sangat banyak.Berikut beberapa Penyebab BAB berdarah tersebut seperti :
  • Wasir atau hemoroid atau ambeien, dimana kondisi ini merupakan pembengkakan pada pembuluh darah sekitar anus yang menimbulkan kondisi berupa benjolan, Dan dapat menimbulkan BAB berdarah . BAB berdarah biasanya ditandai dengan darah segar menetes berpisah dengan feses. Selain itu diperparah dengan kondisi seperti BAB yang keras, riwayat konstipasi dan sebagainya. Pengobatan ambeien sendiri dapat berupa obat yang dimasukkan ke dalam dubur/salep yang dioleskan sampai tindakan operasi. Pengobatan tergantung dari derajat keparahan ambeien.
  • Fisura ani yaitu robekan pada lapisan dinding anus yang menyebabkan rasa sakit ketika BAB dan luka ini dapat menyebabkan BAB berdarah, dengan darah segar berwarna merah, disertai nyeri.
  • Penyakit radang usus
  • Kanker dan polip usus besar, meskipun jarang BAB berdarah juga dapat menjadi gejala pada kanker usus besar. Namun kondisi ini biasanya terjadi pada usia yang lebih tua.
  • Melena merupakan kondisi yang ditandai deengan BAB atau fese berwarna hitam seperti kecap atau aspal akibat perdarahan saluran cerna bagian atas mislanya radang lambung, varises pada kerongkongan, luka lambung.
Beberapa tips agar BAB tidak berdarah :
  • Konsumsi banyak sayur dan buah agar BAB tidak keras
  • Hindari makanan pedas, asam, santan, penyedap rasa 
  • Mium air putih minimal 2L per hari
Saya sarankan anda untuk memeriksakan keluhan anda agar mendapat penanganan yang tepat.Semoga bermanfaat penjelasan dari saya.Salam sehat,dr. Anugerah Y
nyeri anusdarahwasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil