BAB lebih dari 10 kali

B Info Penanya: B, Wanita, 33 Tahun
Bayi 8 bulan BAB lebih dari 10 kali sehari... Kenapa ya dok ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, B

Secara normal bayi usia 8 bulan biasanya buang air besar 2-4 kali dengan konsistensi lunak. Jika bayi BAB cair >4 kali dengan konsistensi cair maka telah disebut sebagai diare. Kondisi bayi yang BAB cair hingga 10 dapat menyebabkan dehidrasi akibat pengeluaran cairan lewat feses, kondisi ini dapat berbahaya sehingga perlu mendapatkan penanganan. 

Pada bayi yang BABnya cair, berikut adalah tanda yang harus diwaspadai: matanya cekung, air mata sedikit, mukosa bibir kering, anak lemas dan tidak mau makan minum, kondisi itu dapat masuk pada tahapan dehidrasi sedang hingga berat yang dapat mengancam anak anda.

Pada diare dapat diberikan tablet Zink hingga 10 hari untuk menghentikan dan mencegah kekambuhan diare. Selain itu juga perlu diberikan rehidrasi cairan melalui makanan dan minuman bahkan melalui infus. Pada beberapa jenis diare juga sering disebabkan infeksi bakteri sehingga perlu pemberian antibiotik oleh dokter. 

Saran saya anda segera membawa bayi anda untuk konsultasi dengan dokter spesialis Anak (Sp.A)

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika tidak mengonsumsi cukup air saat sahur maupun berbuka, Anda bisa mengalami dehidrasi.

Hindari Dehidrasi, Ini Cara Minum Air Saat Puasa yang Tepat

aat berpuasa, risiko Anda mengalami dehidrasi cenderung akan meningkat. Agar terhindar dari kondisi ini, berikut cara minum air putih yang tepat saat berpuasa agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi.