02 Jan 2021, 13:00Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan BAB keras, nyeri, dan berdarah ?

RD
Info Penanya: RD0
Dok saya ingin bertanya kan udah 4 hari saya belum bab terus tadi pagi saya coba bab ternyata bab nya keras karena keras saya tidak melanjutkan buang air besar sehingga feses yang keras ini menimbulkan rasa perih atau lecet pada lubang anus saya apakah jika sya masukkan obat peluru ke lubang anus saya yang lecet dan nyeri ini tidak apa apa atau bisa dengan cara lain , karena sangat perih dan nyeri dok. Terima kasih
420 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Salah satu gangguan pencernaan adalah susah BAB. BAB merupakan cara tubuh mengeluarkan sisa makanan melalui anus. Jika ada masalah di saluran pencernaan, termasuk lambung, usus halus, usus besar, maupun anus karena benjolan, kontraksi usus yang tidak baik, infeksi, wasir, semuanya dapat mengganggu proses BAB. BAB bisa menjadi keras dan nyeri.

Apa yang menyebabkan BAB keras, nyeri, dan berdarah ?

BAB keras, nyeri, dan berdarah bisa disebabkan oleh kurangnya cairan terutama air minum yang Anda konsumsi sehingga proses lewatnya BAB di usus menjadi lebih berat. Konsumsi serat termasuk buah dan sayur yang rendah dapat memperparah BAB yang keras. Terlalu banyak konsumsi makanan yang sulit dicerna usus seperti daging dan lemak. Adanya pelebaran pembuluh darah di anus yang disebut dengan ambeien atau wasir menyebabkan BAB sulit keluar dan pembuluh darah yang membesar ini akan mengeluarkan darah saat bersentuhan dengan feses. Darah pada wasir dapat berupa darah merah segar, diikuti dengan keluarnya benjolan dari anus yang dapat masuk kembali secara spontan atau perlu dibantu dengan tangan.

Bagaimana cara mengatasi BAB keras, nyeri, dan berdarah ?

Cara mengatasi BAB keras, nyeri, dan berdarah adalah dengan mengatur pola BAB, tidak memaksakan untuk mengedan, minum air putih yang cukup, perbanyak konsumsi makanan berserat, kurangi makanan beremak dan daging, usahakan untuk menggunakan toilet jongkok, lakukan BAB saat tubuh benar-benar ingin BAB agar mengedan tidak menjadi setengah-setengah yang malah dapat memperparah luka lecet di anus. Segera konsultasi ke dokter jika BAB berdarah diikuti dengan kelemahan tubuh, perdarahan yang terus menerus, dan wasir yang tidak dapat dimasukkan kembali. Anda juga dapat berendam dengan air hangat sekitar 10 menit untuk mengurangi nyeri pada anus.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
wasirbuah dan sayuranpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil