BAB keras dan berdarah pasca melahirkan

EW Info Penanya: EW, Wanita, 2019 Tahun
Hai dok... Saya mau tanya nih... Sehabis melahirkan saya bab normal... Tpi setelah seminggu abis lahiran bab saya jadi keras bahkan skr berdarah... Apa yg harus saya lakukan dok... Atau obat apa yg tepat untuk saya... Trimakasih dok... ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Ny EW

BAB keras dapat disebabkan pola makanan yang kurang serat dan kurang minum air, selain itu pada wanita pasca melahirkan biasanya masih dalam proses penyembuhan sehingga membuat malas untuk bergerak sehingga pergerakan usus sedikit melambat yang pada akhirnya membuat kontraksi untuk proses defekasi buang air besar menurun yang pada akhirnya BAB menjadi keras. 

BAB yang keras dapat membuat perlukaan pada anus sehingga dapat memicu perdarahan, selain itu pada wanita hamil terdapat pelebaran vena sehingga dapat menimbulkan hemoroid/ambein. Pasca melahirka, ambein tersebut dapat menetap ditambah BAB yang keras hal tersebut dapat memicu perdarahan dari anus. 

Saya sarankan anda untuk lakukan aktivitas berjalan bertahap,  jangan mengikat perut karena akan menghambat pergerakan usus, konsumsi makanan tinggi serat seperti wortel, asparagus, kentang, buah pepaya dan mangga. Jika BAB sangat keras dapat anda dapat meminum obat pencahar. Untuk perdarahan dari anus dapat berhenti jika ringan, namun jika perdarahan banyak keluar anda harus berkonsultasi dengan dokter segera. 

Salam sehat

dr. Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif biasanya jarang BAB karena ASI terserap secara sempurna

Jangan Heran, Bayi ASI Jarang BAB Itu Wajar

Frekuensi bayi buang air berbeda-beda, ada yang beberapa kali dalam sehari. Namun, bayi ASI jarang BAB karena kandungan dalam ASI bisa terserap sempurna.