14 Sep 2021, 10:21Infeksi

Apa saja penyebab BAB berlendir?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya mau bertanya kenapa bab saya berlendir banyak, saya juga punya asam lambung apakah asam lambung yg menyebabkan bab berlendir, sudah lama saya bab berlendir tapi kadang ada kadang juga ga ada lendirnya, bagai mana penanganannya dok teima kasih
209 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, RTerima kasih atas pertanyaan AndaBAB adalah suatu proses keluarnya sisa makanan atau sisa dari pencernaan berupa feses (tinja) dari saluran cerna melalui anus. Normalnya feses berwarna coklat, ataupun coklat kekuningan dengan konsistensi padat atau sedikit lembek. Adanya lendir ataupun darah pada feses adalah kondisi yang tidak normal. Keluhan BAB berlendir ini bisa disertai juga dengan beberapa keluhan penyerta seperti sakit perut, demam, mual, muntah dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah kondisi-kondisi yang bisa menyebabkan BAB berlendir:

  • Keracunan makanan
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Penyakit crohn
  • Adanya msalah terkait absrobsi atau penyerapan di saluran cerna
  • Diverkulitis
  • Iritable bowel syndrome
  • Masalah kesehatan pencernaan yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebabnya bsia terjadi karena kondisi di atas. Sedangkan, adanya riwayat peningkatan asam lambung, bisa juga mempengaruhi penyebab secara tidak langsung dari BAB berlendir. Pastikan Anda konsumsi makanan sehta dan bergizi, hindari makanan yang bsia memicu kenaikan asam lambung, terapkan gaya hidup bersih dan sehat, lakukan istirahat cukup dan segera melakukan pemeriksaan serta konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar Anda mendapatkan pengobatan yangs esuai dengan penyebab dari BAB berlendir yang terjadi pada Anda. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
diarepencernaanmasalah pencernaangangguan pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil