BAB Berdarah Selama Dua Hari, Apakah Indikasi Wasir?

J Info Penanya: J, Wanita, 28 Tahun
Halo Dokter,Dua hari terakhir ini BAB saya suka berdarah. Lalu setelah itu terasa meriang dan demam dan saya minum panadol paracetamol. Sekarang sudah membaik. Teman saya bilang itu mungkin wasir, jadi disarankan minum ambeven dan jus buah. Yang ingin ditanyakan, saya juga penderita asma alergi, terutama terhadap debu dan tungau, dan alergi juga obat golongan penicilin. Jadi setiap hari minum ritez 10mg sebelum tidur. Sedangkan dosis yang dianjurkan untuk ambeven adalah 2 kapsul per 3 x sehari. Apakah tidak apa-apa jika sambil dibarengi minum ritez? Dan apakah gejala yang saya alami memang wasir? Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu J,

Wasir atau Haemorhoid atau Ambein terjadi karena pelebaran pembuluh darah balik (vena) pada bagian bawah saluran pencernaan yaitu di usus besar dan anus. Umumnya dialami Pria dan Wanita pada umur 18 tahun dan meningkat sampai umur 50 Tahun.

Gejala yang ditimbulkan oleh Haemorhoid sesuai dengan Grade penyakit tsb yaitu :

  • Grade I ditandai dengan keluarnya darah segar setelah mengedan untuk BAB, atau sebelum BAB
  • Grade II ditandai dengan perdarahan disertai adanya benjolan yang keluar masuk anus saat BAB
  • Grade III ditandai dengan benjolan yang keluar saat BAB tidak dapat lagi masuk sendiri, harus didorong dengan bantuan jari.
  • Grade IV ditandai dengan benjolan besar yang sudah tidak dapat didorong masuk lagi walaupun dengan bantuan jari.

BAB berdarah selain disebabkan oleh Wasir, mungkin juga disebabkan oleh hal lainnya seperti infeksi usus, disentri, polip dll, apalagi disertai dengan adanya keluhan demam.

Saran kami sebaiknya sebelum minum obat apapun, supaya Ibu melakukan konsultasi dan pemeriksaan dahulu ke Dokter Spesialis Bedah atau Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Adalah baik bila Ibu paham dengan zat yang menjadi pencetus alergi untuk Ibu sehingga dapat dihindari. Begitu juga dengan obat yang menimbulkan alergi. Sebaiknya Ritez (Zat aktif yang terkandung adalah Cetirizine) yaitu obat anti alergi hanya diminum bila ada indikasi Medis yaitu bila ada alergi dan atas petunjuk Dokter.

Sebaiknya sebelum minum obat apapun, untuk lebih dulu melakukan konsultasi dengan Dokter.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada bahan-bahan alami yang bisa Anda coba sebagai pengganti obat sakit perut melilit

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, baik itu dalam bentuk kram, mual, dan diare. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa makanan dan minuman ini, sebagai pengganti obat sakit perut melilit.