BAB berdarah secara tiba-tiba, berbahayakah?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dok, saya cukup panik. Pada saat saya BAB tadi pagi, rasanya sedikit lebih sakit dan ternyata disertai dengan darah. Kira-kira penyebabnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Buang air besar (BAB) berdarah merupakan kondisi dimana ada darah di dalam feses. Kondisi ini merupakan gejala adanya perdarahan dalam saluran pencernaan. Perdarahan di BAB dibagi menjadi 2 :

  1. Hematochezia
    Perdarahan pada saluran pencernaan saluran bagian bawah, biasanya perdarahan yang akan keluar berwarna merah segar. Penyakit yang mungkin akan timbul adalah diverkulitis, penyakit chorn, kolitis ulseratif, polip, tumor jinak, kanker colon, fisura ani, wasir atau hemoroid.
  2. Melena
    Perdarahan pada saluran cerna atas. Perdarahannya bewarna merah gelap. penyakit yang mungkin timbul adalah pencahnya varises esofagus, gastritis kronis, tukak lambung, kanker lambung san sindrom mallory-weiss.

Saat Anda mengalami BAB berdarah sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur dan menghindari makanan yang mengandung asam dan pedas. Segera ke RS terdekat untuk di periksa lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebab dari BAB berdarah di perlukan beberpaa pemeriksaan seperti endoskopi, foto rongent dengan kontras barium dan angiorafi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan abaikan sakit perut sebelah kanan, segera ke dokter bila terasa mengganggu dan muncul berulang kali

Alami Sakit Perut Sebelah Kanan? Bisa Jadi Kanker Kolorektal

Sakit perut sebelah kanan atau kiri dianggap sepele, tetapi sebenarnya sakit perut bisa menjadi indikasi dari kemunculan kanker kolorektal. Tidak hanya sakit perut sebelah kanan, gejala kanker kolorektal lainnya dapat berupa pusing, anemia, masalah pencernaan, dan sebagainya.