BAB berdarah saat hamil muda

L Info Penanya: L, Wanita, 2019 Tahun
Hai dok, saya mau bertanya.Kenapa tiap BAB selalu berdarah?Air putih sudah banyak, buah dan sayur tiap hari. BAB juga setiap hari.Kondisi saya saat ini telat haid 9 hari.Terhitung sejak 9 hari itu, saya BAB berdarah.Tidak sakit dan tidak perih.Hanya saja kalau ngulet, perut terasa penuh dan kaku seperti kram. Sudah saya cek di testpack 2 garis. Tapi yg satunya merah muda, bukan merah pekat. Pertanyaannya, apakah saya memang hamil muda? Dan apakah ada pengaruhnya sama BAB berdarah yg saya alami?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, L

Jika hasil test pack menunjukan garis dua maka kemungkinan besar anda sedang hamil ya. Pendarahan bisa terjadi pada kondisi hamil muda, namun sebaiknya harus dipastikan lagi darimanakan darah tersebut berasal, apakah benar dari saluran cerna atau dari vagina. Maka dari itu segeralah ke dokter ya karena dapat berisiko keguguran jika tidak diketahui secara pasti darah tersebut karena dikhawatirkan dapat berasal dari vagina.

Berikut penyebab BAB berdarah :

  • Ambeien : Yaitu keluarnya pembuluh darah anus sehingga akan teraba benjolan pada anus, kondisi ini menyebabkan anus menjadi nyeri dan BAB berdarah.
  • Disentri : Ini adalah infeksi pada saluran cerna, BAB akan menjadi berlendir dan berdarah. Serta dapat menyebabkan demam
  • Proctitis : Infeksi pada anus, dapat disebabkan oleh gangguan pada usus dan menyebabkan nyeri pada anus.

Penyebab keluar darah dari vagina saat hamil muda :

  • Perdarahan implantasi/perdarahan pada dinding rahim karena menempelnya hasil pembuahan dan ini merupakan hal normal sehingga dapat hilang dalam 2-3 hari
  • Kehamilan diluar kandungan, keluarnya darah diikuti nyeri pada perut
  • Kehamilan anggur / janin tidak tumbuh melainkan hanya plasentanya saja gejala yang dialami adalah mual yang teramat sangat dan nyeri perut.

Kembali saya sarankan anda untuk ke dokter kandungan ya agar memastikan kondisi anda.

Segera Ke UGD jika :

  1. Perdarahan semakin banyak
  2. Keluar darah yang besar-besar
  3. Nyeri perut hebat
  4. Pucat
  5. Lemas

 

Semoga membantu

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi Plasenta yang tidak pada tempatnya dapat membahayakan nyawa Anda dan janin

Waspadalah, Kelainan Posisi Plasenta Ini Bisa Bahayakan Nyawa Anda!

Kelainan posisi plasenta pada saat kehamilan, seperti plasenta previa, dapat membahayakan nyawa Anda dan janin. Kondisi ini, plasenta menempel di dinding rahim bagian bawah. Akibatnya, leher rahim yang merupakan jalan lahir pun akan tertutup.