04 Sep 2021, 18:14Kandungan

Keluar darah di anus saat BAB pada ibu hamil, apakah berbahaya?

AZ
Info Penanya: AZ0
Keluar darah banyak saat bab, di hamil usia 4 bulan,apakah aman?
127 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaan AndaKeluar darah di anus saat BAB bisa disebabkan oleh beberapa penyebab. Keluhan ini bisa dialami oleh segala usia dan kondisi, termasuk pada ibu hamil. Banyak ibu hamil yang mengalami anemia, sehingga keluar darah di anus pada ibu hamil yang terjadi sering dan dalam jumlah yang banyak tentunya tidak bisa di abaikan begitu saja dan sebaiknya melakukan pemeriksaan agar mendapatkan tatalaksana yang sesuai.

Berikut ini adalah bebrapa kemungkinan penyebab keluar darah di anus:

  • Fisura ani, yaitu danya luka atau cedera pada area anus dan sekitar
  • Hemorrhoid atau wasir, kondisi ini sering terjadi juga pada ibu hamil yaitu adanya pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah di anus.
  • Abses 
  • Infeksi pada saluran pencernaan
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab keluar darah di anus bisa karena kondis yang telah disebutkan di atas. Untuk memastikan kondisinya, silakan lakukan pemeriksaan. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa keluar darah pada anus saat BAB dan tejadi sering dan atau disertai dengan gejala penyerta seperti nyeri perut, benjolan di sekitar anus, demam, dan keluhan lainnya sebaiknya tidak di abaikan dan lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Usahakan konsumsi makanan bergizi bagi ibu hamil, konsumsi sayur dan buah, hindari kelelahan, minum air cukup, berolahraga ringan, dan rtin memeriksakan kandungan Anda minimal 4 kali selama masa kehamilan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kehamilanwasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil