12 Jun 2021, 23:49Kandungan

BAB berdarah apa membahayakan janin?

NI
Info Penanya: NI0
Selamat malam dok,saya hamil sudah masuk usia kandungan 16 Minggu,tapi BAB saya berdarah.dan darah nya itu banyak dan seperti darah segar gitu. Apakh itu tidak membahayakan janin saya? Mhn dijawab,terima kasih.
80 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang NI,Kehamilan tentu perlu dijaga dengan baik karena tentunya ibu tidak sabar untuk segera menimang bayinya. Dibutuhkan waktu sekitar 9 bulan 10 hari untuk mengandung dan artinya dibutuhkan waktu selama itu pula ibu harus menjaga dirinya dengan baik agar janin yang dikandung juga tidak mengalami masalah. Banyak beragam keluhan yang seringkali menyertai selama kehamilan.Perihal keluhan Anda yang mengalami BAB berdarah segar maka kemungkinan yang terjadi adalah Anda memiliki ambeien. Adanya benjolan di anus ini akan membuat BAB Anda menjadi sulit dan harus mengejan, di saat mengejan inilah maka anus akan menjadi lecet dan berdarah. Perihal apakah BAB berdarah atau ambeien ini akan mempengaruhi kehamilan Anda maka secara keseluruhan tidak akan mempengaruhi janin Anda, namun adanya keluhan ini akan mempersulit proses persalinan Anda. Namun jika darah yang keluar jumlahnya banyak dan berkepanjangan maka bisa menimbulkan anemia dan hal tersebut akan mempengaruhi janin Anda.

Penanganan untuk mengatasi BAB berdarah ketika sedang hamil:

  • Kompres anus menggunakan es batu atau berendam dengan air es.
  • Banyak makan sayur dan buah agar BABnya tidak sulit.
  • Minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Rutin olahraga atau senam hamil.
  • Sesekali minum yogurt untuk melancarkan BABnya.
Sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter bedah untuk memastikan penyebab BAB berdarah yang Anda alami agar tidak berkelanjutan.Salam sehat,dr. Vina
kehamilansembelitwasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil