Apa penyebab bab berdarah?

SR Info Penanya: SR
Halo dok saya mau nanya, ketika saya bab itu terasa sakit sekali dan berdarah pada anus, darah nya itu menggumpal gitu terkadang. Kenapa itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SR.

 

BAB berdarah merupakan gejala yang menandakan adanya pendarahan di saluran pencernaan. Jenis penyakitnya dibedakan dari warna darah yang keluar. 

Berikut ini merupakan penyebab dari bab berdarah:

  • Apabila darah berwarna merah terang dan menetes dari dubur biasanya disebabkan oleh wasir atau ambeien, fisura ani, penyakit menular seksual seperti kutil dianus, angiodysplasia.
  • Darah di tinja yang disertai dengan lendir dan adanya diare misalnya pada fistula anal, disentri, penyakit peradangan kronis pada saluran pencernaan. 
  • Darah yang keluar dari anus sangat hitam bisa karena tukak lambung.

Terkait dengan keluhan Anda kemungkinan hal ini disebabkan karena ambeien saja, namun untuk memastikan penyebabnya butuh pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis bedah guna mendapat penanganan yang tepat.

Untuk sementara hal yang dapat Anda lakukan adalah mengupayakan sebagai berikut:

  1. Perbanyak konsumsi serat seperti buah dan sayuran.
  2. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter/hari.
  3. Lebih aktif bergerak. 
  4. Jaga berat badan ideal dengan berolahraga teratur.
  5. Jika timbul nyeri atau gatal bisa gunakan gel lidah buaya, mengoleskan minyak kelapa ke area wasir, kompres dengan es batu ataupun berendam di air garam epsom hangat

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan prebiotik seperti pisang dan kacang merah dibutuhkan untuk membantu perkembangan bakteri baik atau probiotik dalam tubuh

15 Makanan Prebiotik untuk Jaga Kesehatan Pencernaan

Makanan probiotik penting untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi makanan prebiotik juga tidak kalah pentingnya karena makanan prebiotik berguna untuk memabantu perkembangan probiotik dalam tubuh.