Feses bayi lebih bau dan berwarna hijau telur asin

TY Info Penanya: TY, Wanita, 25 Tahun
Selamat pagi dok.. Anak sya hari ini memasuki usia 4 bulan, dari 3 bulan kmren sya kasih sufor.. Tetapj belakangan ini frekuensi BAB anak sya 1* 2 hari dan sangat bauk dok, warnanya jg tidak kuning, hijau telur asin gtu, it normal tidak y dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam TY,

Warna feses pada bayi adalah salah satu indikator untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada pencernaan bayi. Apabila terjadi perubahan frekuensi buang air besar, perubahan konsistensi dan warna tinja bisa perlu diwaspadai.

Apabila saat ini mengonsumsi hanya ASI saja, maka orang tua terutama ibu, juga perlu memperhatikan apa yang dikonsumsinya karena bisa berpengaruh pada ASI yang bisa berpengaruh pada saluran pencernaan bayi. Tetapi pada kasus pembersian sufor, perlu diperhatikan apakah baru mengganti susu dan perhatikan kebersihan dari botol susunya.

Jika feses berwarna kehijauan, hal tersebut bisa disebabkan oleh ASI ataupun bisa dipicu adanya infeksi seperti infeksi bakteri atau virus terutama jika lebih encer dan frekuensinya lebih sering.

Tidak jarang susu formula juga bisa menyebabkan feses menjadi kehijauan, untuk itu apabila menggunakan susu formula perhatikan cara pembuatan terutama takaran, dan selalu masukan air sesuai takaran terlebih dahulu sebelum bubuk susu agar tidak kurang airnya. Bisa juga bayi mengalami tidak cocok dengan susu formula, timbul reaksi alergi ataupun intoleransi terhadap protein susu atau laktsa.

Periksakan pada dokter atau dokter anak jika keluhan tetap timbul agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.