BAB bayi encer berwarna kuning tapi BAB 3 hari sekali

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dok bayi saya umur 4 bulan tapi kalo BAB 3 hari sekali dan sekali BAB 3-4 kali sehari apakah itu trmasuk diare fesesnya kuning cair dok?kalo diare baiknya di beri obat apa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LP,

BAB pada bayi minimal adalah 3 kali seminggu dimana jika kurang dari 3 kali seminggu maka bisa dikatakan sembelit atau konstipasi. Jika pada saat ini BAB terjadi lebih dari 3 kali dan konsistensi feses bayi encer maka bisa disebut dengan diare.

Diare pada bayi sendiri bisa disebabkan oleh beragam hal mulai dari gangguan pencernaan karena infeksi baik infeksi virus, bakteri atau parasit, alergi susu formula, gangguan penyerapan nutrisi dan penyebab lainnya.

Penanganan diare pada bayi yang utama adalah mencegah terjadinya dehidrasi dimana jika masih menyusu maka perlu diberikan ASI lebih sering tetapi jika dicurigai karena alergi susu baiknya mengganti susu formula dengan ASI atau susu yang tanpa laktosa seperti misalnya susu soya. Periksakan bayi Anda pada dokter agar diberikan penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebabnya salah satunya akan diberikan suplemen zinc untuk membantu mengurangi lama diare dan mencegah diare berikutnya.

Jika ada demam, muntah, feses berdarah atau berlendir, anak menjadi lemas atau lebih rewel, tidak mau menyusu maka perlu segera dibawa ke fasilitas kesehatan untuk segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri salmonella bisa menyebabkan diare, tifus, hingga infeksi salmonellosis

Ada di Telur Hingga Daging, Waspadai Bakteri Salmonella pada Makanan

Bakteri salmonella adalah salah satu penyebab paling umum terjadinya diare. Meski umumnya ringan, salmonella juga bisa menyebabkan infeksi serius. Padahal, bakteri ini sangat mudah ditemukan di makanan yang kita santap sehari-hari.