Bab bayi hijau berlendir, berbahayakah?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 23 Tahun
ass dok , saya mau tanya anak saya masih berumur 4 bulan . udh 3 hari bab anak saya berwarna hijau dan berlendir trus kayak ada bintik2 putih gitu , tpi klo bab tuh sedikit2 trus bisa sampe 3 atau 4 kali bab dalam sehari , saya jadi khawatir dok bingung juga . pdahal anak saya sering banget minum asi nya apakah itu gak apa2 dok ? moahon jawaban nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA.

Buang air besar hijau dan berlendir dapat terjadi apabila bayi mengonsumsi sesuatu yang memicu reaksi alergi atau sensitivitas. Makanan atau minuman bisa dikonsumsi bayi secara langsung (misalnya susu formula), atau melalui apa yang dikonsumsi oleh ibu dan mengalir melalui ASI.

Jadi, dapat diperhatikan terlebih dahulu apakah ada riwayat buang air besar seperti ini sebelumnya, dan apakah sama-sama timbul setelah ada riwayat konsumsi makanan tertentu. Apabila ada, sebaiknya hentikan dan hindari untuk mengonsumsi makanan tersebut di kemudian hari.

Tetapi apabila tidak ada, bisa saja bayi sedang mengalami infeksi pada saluran pencernaan, yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit lainnya. Infeksi saluran pencernaan bisa disertai dengan demam, nyeri perut (yang menyebabkan bayi rewel), ataupun kembung. Jika parah, bayi bisa malas menyusu yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Oleh karena itu, apabila timbul tanda-tanda tersebut, segera periksakan bayi ke dokter spesialis anak, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Nantinya, akan diberikan terapi yang sesuai untuk bayi.

Lalu, selama menyusui, pastikan ibu juga mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Perbanyak sayur dan buah, dan hindari makanan cepat saji atau minuman dengan pemanis buatan ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan kongenital dapat memengaruhi struktur maupun fungsi bagian tubuh tertentu

Ragam Kelainan Kongenital yang Umum Terjadi pada Bayi

Kelainan kongenital adalah kelainan bawaan yang sudah didapat sejak bayi dilahirkan. Kondisi ini dapat memengaruhi organ atau bagian tubuh tertentu baik struktur maupun fungsinya. Namun, terdapat beberapa kelainan kongenital yang umum terjadi pada bayi. Apa saja?