Ayah saya, mual, masuk angin, pusing dan mimisan

JT Info Penanya: JT, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum, Selamat Pagi DokSaya mau nanya soal Ayah saya yang dari kemaren itu pusing dan kepalan tangannya muncul bintik" merah (bukan cacar). Sekarang ayah saya pusing berat, mimisan, masuk angin, juga mual, kepalan tanganya masih berbintik-bintik. Ini termasuk gejala apa ya dok ? Mohon bantuannya Bapak/Ibu Dokter ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam JT,

Adanya ruam pada kulit bisa disebabkan oleh beragam hal, mulai karena reaksi alergi, infeksi kulit, ataupun ruam karena demam. Salah satunya ruam bisa terjadi karena demam berdarah dengue, terlebih jika pada gejala didapatkan mimisan.

Adanya ruam atau bintik merah pada kulit sendiri bisa mungkin merupakan ptekiae atau tanda pecahnya pembuluh darah dipermukaan kulit karena infeksi virus dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

Apabila merasakan gejala seperti:

  • Demam antara 2-7 hari
  • Ada sakit kepala, sakit dibelakang mata
  • Badan terasa nyeri
  • Mual dan muntah
  • Ada tanda perdarahan seperti keluar bintik merah, mimisan atau perdarahan gusi

Maka sebaiknya segera periksakan pada dokter, nantinya perlu dilakukan pemeriksaan lab darah baik pemeriksaan darah lengkap ataupun pemeriksaan untuk menilai ada infeksi demam berdarah atau tidak dengan pemeriksaan NS1 dengue.

Upayakan mengonsumsi lebih banyak cairan dan segera mendapatkan penanganan agar dipastikan penyebabnya. Nantinya jika terdapat indikasi untuk dilakukan rawat inap maka perlu dilakukan perawatan terlebih dahulu terutama untuk mencegah komplikasi yang lebih serius dan memberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang menggunakan masker untuk mencegah COVID-19

Perlukah Pakai Masker Sebagai Cara Pencegahan Virus Corona? Ini Penjelasannya

Mewabahnya virus corona membuat banyak orang melakukan berbagai cara pencegahan virus corona. Salah satunya dengan menggunakan masker. Akan tetapi, benarkah hal tersebut efektif sebagai cara melindungi diri dari virus corona? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.