21 Feb 2021, 03:08Kulit & Kelamin

Dermatitis seboroik apa obatnya?

MC
Info Penanya: MC0
Dok saya mau bertanya.Kata dokter suami saya sakit alergi dermatitis /jamur,Gejalanya ,ketombe terlihat sngt parah dikulit kepala,wajah merah" dibahagian tubuh lain,doktr tidak bolehkn mkn ikan laut ,ayam putih mie instan, dll Semua pantangan tdk dimakan,kami sdh pindah" dokter Krn tdk kunjung sembuh,semua obat habis dimakan sesuai anjuran dokter,sudah setahun di alami suami saya,kini badannya bengkak ,mohon petunjuk doktr suami saya sakit apa,dan mengapa sekarang bisa bengkak,... ???
297 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang MCKetombe disertai kulit kemerahan dan bersisik pada kepala disebabkan karena Dermatitis Seboroik. Kondisi ini juga bisa mengenai bagian tubuh yang berminyak seperti wajah, hidung, alis, telinga, kelopak mata dan dada.

Faktor Penyebab Dermatitis Seboroik

Walaupun penyebab pastinya belum diketahui, terdapat berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya dermatitis seboroik. Faktor-faktor tersebut adalah:
  • Stres dan depresi
  • Genetik atau keturunan
  • Flora normal jamur dan raginya 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Gangguan saraf
  • Imunitas yang lemah contohnya pada HIV
  • Riwayat atopi, jerawat, rosacea atau psoriasis
terdapat infeksi jamur yang dapat menyerupai dermatitis seboroik dan kondisi kulit yang rentan terkena infeksi jamur atau bakteri sekunder. Sebelum dilakukan pengobatan perlu dilakuakn pemeriksaan kerokan kulit untuk menganalisa kondisi kulit.

Mengatasi Dermatitis Seboroik

Untuk mengatasi dermatitis seboroik biasanya dokter akan memberikan pengobatan berupa sabun atau shampo untuk ketombe, obat-obatan kortikosteroid dan antihistamin serta antibiotik atau antijamur bila terdapat infeksi sekunder.Bengkak pada tubuh dapat dikarenakan efek samping dari obat kortikosteroid jangka panjang. Dermatitis seboroik dapat menghilang dan kemudian mengalami kekambuhan. Pengobatan dermatitis seboroik butuh waktu lama dan kontrol rutin pada dokter spesialis kulit yang sama untuk bisa memantau perkembangan dengan catatan rekam medis.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
psoriasisketombedermatitisdermatitis seboroik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil