Kelamin gatal, lalu digaruk hingga luka dan bernanah, apakah berbahaya ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 23 Tahun
MLM dok...Saya mau konsultasi kelamin saya.Awalnya kelamin saya terasa gatal biasa. Terus saya garuk sehingga dia luka kecil lecet. Lama kelamaan d luka itu jadi warna keputihan seperti nanah? Apakah itu berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, P.

Gatal pada kelamin merupakan keluhan yang dapat terjadi berbagai faktor. Baik pada pria maupun wanita keadaan gatal pada kelamin umum terjadi. Salah satu faktor penyebab yang sering terjadi adalah infeksi jamur atau kandidiasis.

Namun demikian, terdapat berbagai macam faktor lainnya seperti :

  • infeksi virus, Herpes genital
  • kutu rambut kemaluan
  • kudis atau tungau
  • alergi 
  • radang kulit (dermatitis)
  • kutil kelamin

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin awalnya disebabkan oleh salah satu faktor diatas, namun apabila sudah disertai nanah maka telah terjadi infeksi sekunder oleh miktoorganisme baktei. Pada saat bagian kulit yang gatal Anda garuk dan menjadi luka, maka bakteri dengan mudah masuk ke bagian tersebut dan nanah merupakan produk dari bakteri dan sisa dari sistem perlawanan imun tubuh. Keadaan yang bernanah ini umumnya menandakan infeksi bakteri yang sudah membutuhkan bantuan obat dan tidak lagi dapat ditangani oleh sistem imun tubuh karena infeksinya yang mungkin sudah cukup hebat. 

Untuk itu ada baiknya diperiksakan ke dokter Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat seperti obat antibakteri khusus yang akan disesuaikan dengan kemungkinan bakteri penyebab serta mengatasi kelainan kulit awal yang menimbulkan rasa gatal.

Agar kelainan kulit tidak semakin parah, hindari keadaan lembap pada kelamin dengan lebih sering mengganti pakaian dalam dan menjaganya agar tetap kering.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.