Awalnya cuma diare dan asam lambung sekarang bernafas sesak

RD Info Penanya: RD, Pria
Dok mau tanya, kenapa ya awalnya cuma diare sama asam lambung trus sekarang bernafas malah sesak dan gabisa berdiri,kalau dibawak duduk aja sakit dan sesak, sekarng gabisa ngapa"in cuma bisa tiduran, serasa lumpuh, gmana ya dok.Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Keluhan yang Anda alami bisa merupakan suatu kegawatan yang disebabkan gangguan pada saluran pencernaan untuk itu ada baiknya segera memeriksakan diri pada dokter atau ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Sesak napas yang di rasa sendiri bisa timbul karena peningkatan asam lambung, gangguan pada saluran napas, radang usus buntu, gangguan jantung, ataupun gangguan pada organ lain di area sekitar perut dan rongga dada seperti pankreas, kantung empedu dan lainnya.

Jika keluhan disertai mual dan muntah, demam, nyeri hebat terutama perut kanan bawah yang hebat saat berjalan, batuk ataupun mengejan, kesulitan buang angin, perut terasa mengeras,  maka segera ke unit gawat darurat terdekat dari tempat Anda. Upayakan tidak melewatkan waktu makan dan tidak sembarangan minum obat terutama obat pereda nyeri yang justru bisa memicu asam lambung meningkat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tukak lambung bisa menjadi penyebab perut kembung pada lansia.

Tukak Lambung, Penyebab Perut Kembung pada Lansia

Tukak lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang kerap terjadi pada lansia. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen.