Apakah ada hubungan terkait atensi dan kecelakaan kerja?

VS Info Penanya: VS
Dok, saya mau bertanya, ada tidak ya hubungan antara atensi seseorang dengan kejadia kecelakaan kerja? Kalau iya hubungannya dimana? Lalu atensi dan konsentrasi itu sama tidak?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VS

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Atensi adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian terhadap sesuatu yang sedang dikerjakan atau terhadap suatu masalah. Sedangkan kemampuan untuk mempertahankan atensi disebut dengan konsentrasi.

Adapun beberapa hal yang memengaruhi konsentrasi bekerja diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Suara
  • Temperatur ruangan
  • Pencahayaan ruangan
  • Faktor psikologis seseorang
  • Kondisi kesehatan fisik seseorang

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika memang pekerjaan yang Anda lakukan membutuhkan atensi dan konsentrasi yang tinggi speerti pada pekerja pabrik yang banyak menggunakan mesin, atau Anda adalah seseorang yang mengemudikan mesin tersebut maka terdapat hubungan dengan adanya risiko kecelakaan kerja. 

Pastikan Anda tetap berusaha rileks, menghindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar. Jika terdapat keluhan terkait atensi dan konsentrasi anda bisa mengunjungi dokter spesialis jiwa terdekat. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kunci kebahagiaan dimulai dari Anda sendiri

Bagaimana Cara Menemukan Kunci Kebahagiaan?

Semua orang berhak untuk menjadi bahagia. Kunci kebahagiaan yang paling utama adalah dengan memilih dan memutuskan untuk menjadi bahagia! Kebahagiaan berawal dari diri Anda sendiri, setelahnya, Anda akan mulai bisa melakukan berbagai perilaku yang membuat diri lebih bahagia.