Nyeri perut kanan setelah operasi usus buntu, kenapa?

NR Info Penanya: NR, Wanita, 21 Tahun
Assalamualaikum dok, saya habis operasi usus buntu sekitar seminggu yang lalu. Setelah operasi saya mengalami infeksi dibagian perut saya. Tapi dok yg saya bingungkan kenapa perut saya bagian kanan bawah itu terasa nyeri yang tak tertahankan seperti awal saya belum operasi usus buntu. padahal saya sudah melakukan operasi usus buntu. Mohon pencerahannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NR.

Usus buntu adalah salah satu bagian sistem pencernaan. Apabila usus buntu mengalami peradangan, tubuh akan mengalami gejala-gejala seperti demam, mual, muntah, nyeri perut kanan. Selain itu, jika dilakukan pemeriksaan laboratorium akan tampak kenaikan sel darah putih (leukosit).

Peradangan sel usus buntu pada dunia medis dikenal sebagai appendicitis. Hal ini bersifat darurat dan harus dilakukan tindakan bedah secepatnya, karena jika dibiarkan akan menimbulkan komplikasi. 

Terkait pertanyaan Anda, seseorang membutuhkan waktu pemulihan rata-rata 6 minggu pascaoperasi usus buntu. Pada beberapa orang tertentu, akan ada beberapa gejala yang dialami pascaoperasi, misalnya nyeri atau gatal pada perut kanan karena bekas jahitan. 

Tetapi, selain karena bekas jahitan, nyeri perut kanan bisa disebabkan juga oleh hal lain, seperti misalnya dari indung telur, dari ginjal, maupun organ-organ lainnya. Sehingga sangat disarankan agar Anda kontrol sesuai jadwal ke dokter spesialis bedah.

Jangan lupa konsumsi cukup protein saat masa pemulihan. Konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter secara teratur. Selain itu, jangan beraktivitas terlalu berat dulu, ya.

Terima kasih, semoge bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.