Asma yang kambuh bila tidak merokok, bagaimana penjelasannya?

AT Info Penanya: AT, Pria, 20 Tahun
Selamat malam dok saya mau tanya kan saya punya gejala asma trus saya heran dok klo saya ngga ngerokok malah kambuh trus dok,giliran saya merokok trus malah ngga sering kambuh dok.itu gimana y menurut dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AT

Asma adalah suatu respon tubuh terhadap zat yang iritatif dan mengakibatkan reaksi tertentu. Dalam hal asma adalah sesak nafas karena peningkatan lendir di cabang paru dan penyempitan cabang paru itu sendiri. Zat penyebabnya tergantung masing-masing orang ada yang dipicu asap rokok, udara dingin, debu, bulu binatang atau serbuk tanaman.

Kemungkinan anda sensitifnya karena udara dingin jadi asap rokok yang hangat mengurangi asmanya. Tapi tetap saja lama kelamaan bisa menjadi pemicu asma anda. Lebih baik menggunakan uap dari air hangat untuk melegakan saluran napas.

Bila keluhan masih berlanjut, sebaiknya konsultasi dengan dokter dan memastikan apa penyebab dari asma anda.

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Alami

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendengar musik metal ternyata mampu memberikan efek ketenangan kepada pendengarnya.

Karakter Musik Metal dan Dampaknya Bagi Kesehatan, Baik atau Buruk?

Musik metal mungkin tidak memiliki lantunan semerdu musik pop, klasikal atau jazz. Akan tetapi, ada dampak baik untuk kesehatan mental yang bisa Anda dapat ketika mendengar musik metal. Seperti apa dampak positif dari musik metal?